Hati-hati! 3 Makanan Ini Picu Kebutaan

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:30 WIB
Makanan mengancam penglihatan (Pxfuel)
Makanan mengancam penglihatan (Pxfuel)

AYOSURABAYA.COM -- Pola makan yang tak sehat bisa berkontribusi pada buruknya penglihatan. Beberapa jenis makanan ternyata dapat memicu penumpukan plak pada pembuluh makula.

Dilansir dari Republika.co.id, hal tersebut kemudian bisa menyebabkan penurunan aliran darah ke mata dan akhirnya menyebabkan kebutaan.

Menurut Marko Obradovic dari Pure Optical, ada beberapa jenis makanan yang memberikan dampak paling buruk bagi penglihatan, yaitu makanan ultra proses dan makanan siap saji.

Baca Juga: Hilangkan Trauma Akibat Kerusuhan Kanjuruhan, Korban Selamat Wajib Diberikan Pendampingan

Beberapa contoh makanan ultra proses dan siap saji adalah daging merah, produk susu berlemak, dan makanan yang digoreng.

Pendapat tersebut sejalan dengan sebuah studi dalam Annals of Internal Medicine. Studi tersebut mengungkapkan, penglihatan seorang anak remaja asal Inggris mengalami perburukan yang signifikan hingga mencapai kebutaan.

Kondisi yang dialami oleh remaja berusia 17 tahun ini berkaitan erat dengan pola makannya. Setelah lulus dari sekolah dasar, remaja ini banyak mengonsumsi kentang goreng, keripik kentang, dan roti putih. Dia juga mengonsumsi ham atau sosis.

Pola makan ini membuat remaja tersebut mengalami defisiensi vitamin berat. Hasil tes juga menunjukkan bahwa remaja tersebut mengalami malanutrisi yang merusak tubuhnya.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Prediksi Chelsea vs Milan: Jalan Terakhir Chelsea Mencari Kemenangan Pertama di Leg 1

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ulasan The Movie Tensura Sub Indo 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:56 WIB

Kameramen Baim Wong Bakal Diperiksa Polisi Besok

Senin, 10 Oktober 2022 | 19:55 WIB
X