Kapolda Jatim Nico Afinta Diminta Segera Mengundurkan Diri

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:55 WIB

AYOSURABAYA.COM -- Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon menegaskan harus segera ada pihak yang bertanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan. Termasuk Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta.

Bahkan Fadli menganggap wajar apabila Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Nico. Fadli menyarankan hal itu segera dilakukan, sebagaimana desakan banyak pihak.

"Harus ada yang bertanggung jawab. Kalau saya lihat sih kapolda juga diganti saja, kan itu aspirasi masyarakat juga," ujar Fadli di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dilansir dari Suara.com, Rabu, 5 Oktober 2022.

Baca Juga: Hadapi Kendala Pencairan BSU Tahap 5 dan Tak Bisa Buka SiapKerja? Simak Solusinya di Sini

Menurut Fadli Zon, seharusnya Nico juga lebih sensitif menanggapi desakan mundur dirinya. Nico diharapkan memilih di antara dua pilihan, mundur atau tunggu pencopotan.

Tetapi Fadli menyarankan, sebaiknya Nico secara sadar mundur sebagai Kapolda Jatim

"Jadi harus sensitif lah melihat, misalkan, kalau di luar negeri itu bukan dicopot, mundur. Jadi masih revolusi mentalnya jalan, mereka mengundurkan diri baik itu kapolres, kapolda," kata Fadli.

Sebelumnya, Fadli tegas menyatakan kunci dari munculnya tragedi Kanjuruhan, Malang adalah gas air mata yang ditembakkan polisi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunjungi Pintu 13 Stadion Kanjuruhan, Segera Perintahkan Hal Ini

Diketahui asap dari gas air mata yang menyesakkan itu diduga menjadi penyebab terbesar jatuhnya korban nyawa hingga lebih dari 100 orang.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X