Awas! Bau Ketiak Menyengat Bisa Jadi Tanda 4 Penyakit Mematikan

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 13:05 WIB
5 Manfaat Tawas untuk Ketiak yang Perlu Kamu Tahu (Freepik/gpointstudio)
5 Manfaat Tawas untuk Ketiak yang Perlu Kamu Tahu (Freepik/gpointstudio)

AYOSURABAYA.COM -- Bau ketiak menyengat bisa sangat mengganggu setiap orang. Namun tahukah kamu jikah hal tersebut bisa jadi pertanda gawat.

Bau ketiak menyengat bisa jadi tanda bahwa tubuh seseorang sedang menderita penyakit akut. Pasalnya, keringat yang keluar dari tubuh seseorang dan menghasilkan bau adalah hasil metabolisme.

Bau ketiak menyengat atau bau badan tidak sedap bisa menjadi indikasi masalah kesehatan yang mematikan. Dokter umum dari Inggris, Sophie Newton, menjelaskan bahwa bau ketiak adalah bau tidak sedap yang disebabkan oleh bakteri pada kulit yang memecah keringat menjadi asam, biasanya dimulai pada masa pubertas dengan meningkatnya hormon yang disebut androgen.

Baca Juga: Download GB Whatsapp WA GB 2022 V13.50 Terbaru di Bulan Oktober, Bebas Iklan!

Menurutnya, keringat itu sendiri sebenarnya tidak berbau dan memiliki tugas penting untuk membantu mengatur suhu. Akan tetapi bakteri dapat menggunakannya sebagai tempat berkembang biak dan saat itulah bau terbentuk.

Dilansir dari Republika.co.id, berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa ditandai dengan bau tak sedap pada ketiak:

1. Diabetes

Dr Sophie mengatakan, mereka yang mengidap diabetes bisa mengalami bau ketiak yang terkadang bisa mengeluarkan lebih banyak aroma buah. Jika Anda menderita diabetes, perubahan bau badan bisa menjadi tanda ketoasidosis terkait diabetes.

Ketoasidosis diabetik, juga dikenal sebagai DKA, adalah kondisi kekurangan insulin yang parah dalam tubuh. Ini berarti tubuh tidak dapat menggunakan gula untuk energi, dan mulai menggunakan lemak sebagai gantinya. Kadar keton yang tinggi menyebabkan darah menjadi asam dan bau badan menjadi manis.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X