ASN di Madura Terduga Teroris Ditangkap, Kenali Ciri-Ciri Terorisme melalui Media Sosial

- Senin, 17 Oktober 2022 | 12:42 WIB
Kenali Ciri-Ciri Radikalisme dan Terorisme melalui Media Sosial. ( Freepik/Strandet)
Kenali Ciri-Ciri Radikalisme dan Terorisme melalui Media Sosial. ( Freepik/Strandet)

AYOSURABAYA.COM – Baru-baru ini masyarakat khususnya di wilayah Madura dihebohkan dengan penangkapan seorang ASN yang diduga terlibat dalam jaringan terorisme.

Penangkapan ASN yang merupakan guru SD tersebut dilakukan oleh Detasemen Khusus Antiteror (Densus 88) Mabes Polri pada Kamis, 13 Oktober 2022 lalu, di Monumen Trunojoyo Kota Sampang Madura.

Sebelumnya, tim Densus 88 juga menangkap seorang berinisial MA yang merupakan anggota Jamaah Islamiyah (JI) dan menjabat sebagai Korda Sumenep.

Baca Juga: Sadis! Ferdy Sambo Habisi Nyawa Brigadir J dengan Tangannya Usai Suruh Bharada E Tembak Rekannya

Hasanuddin Ali, Founder dan CEO Alvara Research Center mengatakan terdapat sejumlah ciri-ciri kelompok radikal dan teroris yang bisa dikenali melalui media sosial.

“Mereka melakukan indoktinasi dengan menanamkan nilai-nilai (tafsir) agama yang radikal, ekstrim, dan tertutup tentang jihad dan khilafah,” kata Ali, dikutip AyoSurabaya.com dari Nu Online pada Senin, 17 Oktober 2022.

Ali menyebutkan, kelompok tersebut menggunakan ayat atau dalil misalnya untuk membenarkan pembunuhan yang kemudian dibagikan melalui media sosial.

“Ciri berikutnya adalah provokasi. Mereka membangkitan kebencian, kemarahan, permusuhan atau anti terhadap NKRI serta seruan untuk jihad, i’dad (latihan) dan hijrah,” Ali melanjutkan.

Baca Juga: Suruh Brigadir J Jongkok, Ferdy Sambo Teriak Ke Bharada E: Woi! Kau Tembak Cepat!

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X