Hore UMR 2023 Naik Lebih Tinggi Dibanding 2022, Jawa Timur Berapa?

- Jumat, 11 November 2022 | 13:37 WIB
Hore UMR 2023 Naik Lebih Tinggi Dibanding 2022, Jawa Timur Berapa? (Unsplash)
Hore UMR 2023 Naik Lebih Tinggi Dibanding 2022, Jawa Timur Berapa? (Unsplash)

AYOSURABAYA.COM - Upah Miniminum Regional atau UMR 2023 dipastikan akan naik. Hal tersebut seperti disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziyah.

Dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI pada Rabu, 9 November 2022, Menaker menyampaikan bahwa upah mininum pada 2023 nanti naiknya akan lebih tinggi dibanding tahun 2022 lalu.

Lantas jika naik, berapa kira-kira UMR 2023 Jawa Timur? Terkait ini, Menaker memberi penjelasan bahwa peningkatan upah minimum sudah diproyeksikan pemerintah berdasarkan laju ekonomi nasional.

“Pada dasarnya sudah dapat dilihat bahwa upah minimum tahun 2023 relatif akan lebih tinggi dibandingkan upah minimum tahun 2022 dengan data pertumbuhan ekonomi dan inflasi," kata Ida.

Baca Juga: Siapa Moukoko? Bocah 17 Tahun yang Dibawa Jerman ke Piala Dunia Qatar Pernah Disebut Bareng Marselino Ferdinan

Dia mengatakan, ekonomi Indonesia terus memperlihatkan perbaikan sejak triwulan II 2021. Dia juga menyoroti lembaga internasional memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional masih dapat bertumbuh dengan laju inflasi tahunan.

Mengawal itu pula, pemerintah menyiapkan sejumlah strategi menghadapi resesi global pada 2023 nanti. Salah satunya kebijakan melakukan hubungan industrial yang harmonis.

Di dalam kebijakan tersebut, dua hal yang akan didorong kementeriannya adalah peran sebagai mediator dalam penyelesaikan perselisihan industrial.

Selain itu penyelesaikan kasus hubungan kerja. Hal tersebut tentunya akan memperlancar komunikasi antara pekerja maupun perusahaan, terutama berbincara tentah masalah pengupahan.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X