Situs Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan di Blitar Jawa Timur, Begini Penampakannya

- Jumat, 11 November 2022 | 17:22 WIB
Permukiman kuno era Kerajaan Majapahit di Blitar. (Foto: Beritajatim)
Permukiman kuno era Kerajaan Majapahit di Blitar. (Foto: Beritajatim)

AYOSURABAYA.COM - Situs kuno yang menyimpan sejarah Kerajaan Majapahit di masa lalu, telah ditemukan di Blitar Jawa Timur pada Jumat, 11 November 2022.

Penemuan situs bersejarah tersebut, diduga dibangun pada abad ke-14 di masa Kerajaan Majapahit.

Tim Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur menemukan situs peninggalan Kerajaan Majapahit itu berada di dekat Sungai Brantas di Desa Ngaglik Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar jawa Timur.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia vs Klub Norwegia, Shin Tae Yong Ingin Ivan Jenner dan Justin Hubner Segera Merumput?

Ketua tim Ekskavasi BPCB Jatim, Nugroho Harjo Lukito juga mengatakan, selain jejak permukiman tim juga menemukan benda-benda lainnya.

Benda-benda ini antara lain struktur batu bata, uang koin, serta sumur kuno. Atas temuan itu, BPCB Jatim kemudian melakukan ekskavasi di lokasi tersebut.

"Penemuan permukaan kuno ini berawal dari peninjauan kita beberapa waktu lalu yang melihat struktur batu bata merah kuno, dari situlah kita melakukan ekskavasi dan menemukan benda-benda ini," katanya seperti dilansir Suara--jejaring media AyoSurabaya.com.

Dalam tahap awal ini, tim arkeolog melakukan ekskavasi seluas 12 meter persegi di lokasi penemuan permukiman kuno tersebut. Hasilnya tim BPCB Jatim menemukan sejumlah satuan pemukiman yang jumlah rumahnya lebih dari satu.

Baca Juga: Sejarah dan Asal Usul Warna Bendera Merah Putih, Dari Kerajaan Majapahit hingga Era Republik Indonesia

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X