Syarat Baru Kartu Prakerja Gelombang 48, Apa Saja?

- Rabu, 16 November 2022 | 13:58 WIB
Kartu Prakerja Gelombang 48 berlakukan skema normal. (Instagram/@prakerja.go.id)
Kartu Prakerja Gelombang 48 berlakukan skema normal. (Instagram/@prakerja.go.id)

AYOSURABAYA.COM -- Kapan Kartu Prakerja Gelombang 48 dibuka? Calon peserta harus bersabar menanti pembukaan gelombang baru.

Pasalnya, Kartu Prakerja Gelombang 48 dibuka masih lama. Pembukaan gelombang baru tak lagi akan dibuka pada tahun ini.

Sementara itu, Kartu Prakerja Gelombang 48 akan menjadi gelombang pertama pada 2023 nanti. Sekaligus, menjadi gelombang perdana yang menerapkan skema normal, apa itu?

Baca Juga: 35 Kata-kata Ucapan Selamat Hari Guru Nasional 2022 Sarat Makna dan Menyentuh Hati, Unggah di Media Sosial

Skema normal merupakan skema pada program Kartu Prakerja yang fokus pada pelatihan guna meningkatkan skill dan keahlian.

Skema normal ini merupakan bentuk pengembalian fungsi Kartu Prakerja seperti dicanangkannya. Sebelum skema ini diberlakukan, lebih dulu dilangsungkan program Kartu Prakerja menggunakan skema semi bansos.

“Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dikutip AyoSurabaya dari laman resmi Kementerian Koordinator bidang Perekonomian.

Skema semi bansos pun dilakukan atas penyesuaian kondisi saat pandemi Covid-19 tengah marak di Indonesia. Selain sebagai media pemberi pelatihan, Kartu Prakerja juga memberikan bantuan sosial melalui insentif yang dapat dicairkan secara tunai.

Baca Juga: UMP 2023 Jawa Timur Naik, UMK 2023 Kabupaten Gresik Jadi Berapa? Ini Prosentase Setiap Tahunnya

Namun, perubahan dilakukan pada 2023 nanti mengingat kasus positif Covid-19 berangsur pulih. Dalam pengembalian fungsi program Kartu Prakerja ini, Kartu Prakerja Gelombang 48 akan menjadi gelombang istimewa.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: Kemenko Perekonomian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X