Pemerintah Siapkan Bansos untuk Karyawan PHK, Cair Kapan?

- Jumat, 25 November 2022 | 14:05 WIB
Pemerintah Siapkan Bansos untuk Karyawan PHK, Cair Kapan? (Pixabay)
Pemerintah Siapkan Bansos untuk Karyawan PHK, Cair Kapan? (Pixabay)

AYOSURABAYA.COM - Badai PHK massal yang terjadi belakangan di berbagai sektor tentunya meresahkan.

PHK tersebut misalnya terjadi pada GoTo, Ruangguru, Shopee Indonesia, Indosat Ooredoo Htchinson, Grab Kitchen, dan sejumlah perusahaan lainnya.

Banyak pula startup yang melaporkan hal serupa di luar negeri. Misalnya saja Meta, Amazon, Sea Group, Snap, Getir, Cisco, Twitter, dan banyak lain.

Bahkan pemutusan hubungan kerja sudah terjadi sejak 2021. Pada tahun tersebut, berbagai statrup memutus hubungan kerja terhadap 15.023 karyawan.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Sukses Ciptakan Rekor Baru, Richarlison Cetak Dua Gol, Uruguay Gagal Tumbangkan Korsel

Data pada tahun 2022 lebih mencengangkang, di mana totalnya mencapai 134.130 orang. PHK massal di perusahaan startup terbesar, terjadi pada November mencapai 42.356.

Pemerintah Indonesia sendiri berencana memberikan bantuan sosial (bansos) untuk mengatasi masalah PHK di tanah air. Namun untuk saat ini belum pasti.

"Kami akan melihat instrumen mana yang bisa dibantu dan siapa yang harus dibantu, apakah korporasinya atau buruhnya," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kamis, 24 November 2022.

Dia menyebut perlu banyak didiskusikan perihal ini. Sejumlah pihak akan diajak berdiskusi seperti Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X