Daftar UMK 2023 Mulai Bali Banten Yogyakarta Hingga Jabar, Jatim Kapan?

- Rabu, 7 Desember 2022 | 17:36 WIB
UMK 2023 Mulai Bali Banten Yogyakarta hingga Jabar, Jatim kapan? (pexels.com/ Robert Lens)
UMK 2023 Mulai Bali Banten Yogyakarta hingga Jabar, Jatim kapan? (pexels.com/ Robert Lens)

AYOSURABAYA.COM -- Batas waktu pengumuman upah minimum kabupaten/kota atau UMK 2023 peling lambat hari ini Rabu, 7 Desember 2022. Sejumlah Provinsi, seperti Bali, Banten, Yogyakarta, hingga Jawa Barat (Jabar) telah mengumumkan upah minimum, Jawa Timur (Jatim) kapan?

Berapa UMK 2023 Bali, Banten, Yogyakarta, hingga Jabar? Sejumlah daerah belum mengumumkan penetapan upah minimum.

AyoSurabaya merangkum beberapa provinsi yang telah menetapkan UMK 2023. Bali, Banten, Yogyakarta, hingga Jabar menjadi bagian dari wilayah yang telah mengumumkan upah minimum.

Baca Juga: Ketok Palu! UMK 2023 Yogyakarta Diumumkan, Jogja Juaranya

Penetapan upah minimum dilangsungkan berdasarkan Permenaker Nomor 18 Tahun 2022. Adapun mekanismenya bermula dari penghitungan Dewan Pengupahan.

Dewan Pengupahan akan melaporkan hasil penghitungan kepada bupati/walikota untuk selanjutnya merekomendasikan kepada gubernur.

Penetapan upah minimum juga didasarkan pada sejumlah variabel, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks-indeks tertentu.

Upah minimum yang telah ditetapkan akan berlaku efektif mulai 1 Januari 2023 mendatang. Para pengusaha diwajibkan membayar gaji kepada para pekerjanya tidak kurang dari upah minimum yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Delapan Besar Piala Dunia 2022, Kroasia vs Brasil Pembuka, Ditutup Inggris vs Prancis

"Untuk kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten dan kota (UMK) akan berlaku pada 1 Januari 2023," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangan resmi.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X