Apa Itu 3D Bioprinting? Teknologi yang Bisa Cetak Organ Tubuh Manusia?

- Kamis, 7 Juli 2022 | 18:49 WIB
Ilustrasi 3D Bioprinting (Ist.)
Ilustrasi 3D Bioprinting (Ist.)

AYOSURABAYA.COM -- Tangan dan kaki palsu mungkin sudah sering kita lihat. Mulai yang terbuat dari kayu sampai logam seperti yang ada di film-film.

Kemudian muncul pertanyaannya, kenapa sampai sekarang kita tidak pernah melihat hati atau ginjal buatan, padahal kebutuhan donor organ itu jauh melebihi persediaannya?

Jadi, kalau kaki dan tangan saja bisa dibuat, lalu apakah organ tubuh kita yang lain juga bisa dibuat?

Artikel ini telah tayang di Ayoindonesia.com dengan judul: 3D Bioprinting: Teknologi yang Bisa Mencetak Organ Tubuh Manusia

Dilansir dari kanal YouTube – Kok Bisa? yang diunggah pada 15 Januari 2022, hingga saat ini para ilmuwan masih mengusahakan untuk membuat organ tubuh buatan.

Jadi, para dokter dan ilmuwan sadar betul dengan kebutuhan organ yang tinggi ini. Oleh karena itu, sampai sekarang mereka sedang mengusahakan untuk memproduksi organ tubuh dengan teknologi yang bernama 3D Bioprinting.

Apakah proses printing yang dilakukan ini sama dengan yang dilakukan oleh tukang fotocopy? Meskipun terdengar lucu hanya di-print, pada dasarnya memang hampir mirip seperti itu.

Sebagai gambaran, printer biasa mencetak tintanya di atas kertas. Lalu, ada printer 3D yang lebih canggih, biasa dipakai untuk mencetak barang yang terbuat dari plastik.

Sedangkan printer organ ini lebih canggih lagi dan tentunya tidak memakai plastik seperti printer 3D yang sebelumnya. 3D Bioprinting ini memakai tinta kehidupan yang terbuat dari semacam cairan. Lalu, apa saja isi tinta ini sehingga bisa digunakan untuk mencetak organ tubuh?

Halaman:

Editor: Kukuh Tri Laksono

Sumber: YouTube – Kok Bisa?

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Patra Jasa Raih 2 Penghargaan Anugerah BUMN

Jumat, 25 Maret 2022 | 09:28 WIB

Terlengkap! Ini Tata Cara Mandi Wajib Setelah Junub

Rabu, 3 November 2021 | 17:00 WIB

7 Ketentuan Tata Cara Sholat Dhuha

Rabu, 3 November 2021 | 12:53 WIB
X