4 Ciptaan China yang Dianggap Melawan Kehendak Tuhan

- Kamis, 7 Juli 2022 | 19:24 WIB
4 Ciptaan China yang Dianggap Melawan Kehendak Tuhan (Pixabay)
4 Ciptaan China yang Dianggap Melawan Kehendak Tuhan (Pixabay)

AYOSURABAYA.COM -- China dikenal sebagai salah satu negara yang berambisi menciptakan berbagai temuan teknologi paling mutakhir.

Baru-baru ini, China bahkan membuat inovasi teknologi fusi nuklir yang panasnya melebihi matahari, sehingga disebut 'matahari buatan'.

Selain itu, terdapat pula sejumlah inovasi lain yang kerap bikin heboh dunia. Pasalnya, beberapa inovasi tersebut oleh sebagian orang dinilai sebagai upaya 'melawan kehendak Tuhan' dan hukum alam. Apa sajakah inovasi tersebut? Simak daftarnya!

Artikel ini telah tayang di Ayoindonesia.com dengan judul: 4 Teknologi China yang Bikin Heboh, dari Kloning Monyet hingga 'Matahari' Buatan

1. Bendungan Raksasa

Selain mengantongi predikat populasi terbanyak dan terbesar di dunia, China juga telah menyabet gelar sebagai pemilik bendungan terbesar di dunia yang bernama Tiga Ngarai. Tapi ternyata bendungan ini juga memiliki kembaran di wilayah Yangtze.

Fungsi utama bendungan ini adalah untuk mengatur banjir tahunan yang sering terjadi di sungai Yangtze karena sungai ini merupakan sungai terpanjang ketiga di dunia. Tak hanya ukurannya yang dianggap jumbo, namun salah satu aspek yang membuatnya makin kontroversial karena pembiayaannya harus menggelontorkan dana sekitar Rp 390 Triliun.

Tidak hanya itu, karena saking besarnya, bendungan Tiga Ngarai ini mampu memperlambat dan mengubah rotasi bumi. Dilansir dari Snopes, penelitian yang dilakukan oleh Business Insider pada Juni 2010 lalu, menemukan fakta bahwa air di dalam bendungan Tiga Ngarai memiliki berat 39 triliun kilogram.

Pergeseran massa sebesar itu akan berdampak pada rotasi Bumi karena fenomena yang dikenal sebagai “momen inersia”, yaitu kelembaman benda yang berputar kaku terhadap rotasinya.

Halaman:

Editor: Kukuh Tri Laksono

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Patra Jasa Raih 2 Penghargaan Anugerah BUMN

Jumat, 25 Maret 2022 | 09:28 WIB

Terlengkap! Ini Tata Cara Mandi Wajib Setelah Junub

Rabu, 3 November 2021 | 17:00 WIB

7 Ketentuan Tata Cara Sholat Dhuha

Rabu, 3 November 2021 | 12:53 WIB
X