5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membayar Puasa Ramadhan Atau Fidyah, Jangan Sampai Salah!

- Kamis, 20 April 2023 | 05:01 WIB
Hal yang perlu diperhatikan saat membayar puasa ramadhan atau fidyah (Istimewa)
Hal yang perlu diperhatikan saat membayar puasa ramadhan atau fidyah (Istimewa)

AYOSURABAYA.COM - Berikut informasi mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membayar puasa Ramadhan atau fidyah.

Membayar puasa Ramadhan atau yang dikenal dengan istilah fidyah merupakan opsi pengganti bagi orang yang tidak mampu berpuasa karena alasan tertentu.

Fidyah adalah sebuah kewajiban pengganti bagi seseorang yang tidak mampu atau tidak memenuhi syarat untuk puasa di bulan Ramadhan.

Fidyah biasanya dibayarkan dalam bentuk makanan atau uang dan jumlahnya setara dengan harga satu sa' makanan pokok yang lazim dikonsumsi penduduk setempat.

Baca Juga: Cara Mengganti Puasa Ramadhan Yang Ditinggalkan, Segera Bayar Agar Tidak Semakin Menumpuk!

Hal tersebut dilakukan sebagai pengganti puasa yang tidak dapat dilaksanakan, karena alasan tertentu, seperti sakit, atau karena usia yang sudah lanjut.

Dengan membayar fidyah, seseorang dianggap telah memenuhi kewajiban dalam berpuasa dan tidak perlu lagi menggantinya di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membayar puasa Ramadhan atau fidyah, dikutip dari berbagai sumber:

1. Menentukan jumlah yang harus dibayarkan

Jumlah fidyah yang harus dibayarkan untuk setiap hari puasa yang ditinggalkan disesuaikan dengan standar setempat.

Baca Juga: 6 Amalan Malam Terakhir Ramadhan, Lakukan Hal Ini Untuk Memaksimalkan Pahala

Biasanya, jumlah fidyah adalah setara dengan harga satu sa' makanan pokok yang lazim dikonsumsi penduduk setempat. Namun, jumlah fidyah dapat bervariasi tergantung pada negara dan kondisi setempat.

2. Membayar fidyah pada waktu yang tepat

Fidyah harus dibayarkan sebelum tiba waktu puasa berikutnya, meskipun pada dasarnya boleh dibayar pada waktu lain. Namun, lebih baik membayarnya sesegera mungkin setelah Ramadan berakhir.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X