Amalan Bulan Syawal Yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW, Meraih Keberkahan Setelah Ramadhan

- Senin, 24 April 2023 | 14:05 WIB
Ilustrasi: amalan bulan Syawal yang diajurkan (Pexels)
Ilustrasi: amalan bulan Syawal yang diajurkan (Pexels)

AYOSURABAYA.COM - Berikut informasi mengenai amalan bulan Syawal yang diajurkan Nabi Muhammad SAW.

Bulan Syawal adalah bulan ke-10 dalam penanggalan Hijriyah, yang menjadi bulan setelah bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Dikenal sebagai bulan kemenangan, karena Bulan Syawal bertepatan pada akhir bulan Ramadhan, dengan ditandai perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Bulan Syawal juga menjadi bulan yang istimewa karena pada tanggal 10 Dzulhijjah jatuh pada hari raya Idul Adha, yang juga sering dirayakan bersamaan dengan keluarga dan kerabat.

Baca Juga: Jumlah Pemudik Lebaran 2023 Tembus Ratusan Juta Orang, Menhub: Sesuai Prediksi Pemerintah

Oleh karena itu, bulan Syawal memiliki nilai dan makna yang sangat penting bagi umat Islam.

Selain itu, bulan Syawal juga menjadi bulan yang istimewa bagi umat Islam karena terdapat beberapa keutamaan dan amalan sunnah yang dianjurkan dilakukan di bulan ini.

Salah satunya adalah puasa enam hari di bulan Syawal setelah selesai berpuasa Ramadhan, yang dikenal sebagai puasa Syawal.

Di bulan Syawal juga dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan, sholat sunnah, berdoa, dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Baca Juga: 7 Sunnah Bulan Syawal Yang Dianjurkan Setelah Lebaran, Lengkap Dengan Hadis Sabda Nabi Muhammad SAW

Simak 7 amalan bulan Syawal yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim:

1. Melakukan Puasa Enam Hari di Bulan Syawal

Sebagaimana disebutkan dalam hadis, Dari Abu Ayyub Al-Anshari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian diikuti puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu seperti berpuasa sepanjang tahun." (HR. Muslim)

Dan dari Abdullah bin Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang berpuasa enam hari setelah Idul Fitri, maka ia telah menyelesaikan satu tahun penuh." (HR. Muslim)

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X