Knocker Upper: Profesi Unik yang Tergerus Kemajuan Zaman, Penasaran Tidak?

- Selasa, 1 November 2022 | 18:10 WIB
Knocker Upper adalah salah satu profesi unik dari masa lalu yang keberadaannya kini telah tergerus oleh kemajuan zaman (istimewa)
Knocker Upper adalah salah satu profesi unik dari masa lalu yang keberadaannya kini telah tergerus oleh kemajuan zaman (istimewa)

AYOSURABAYA.COM--Tahukah Anda? Zaman dulu ada profesi unik bernama Knocker Upper, mereka bekerja membangunkan orang di pagi hari dengan cara yang sangat unik.

Sayangnya, profesi unik ini harus hilang seiring dengan kemajuan zaman. Bagaimana sejarahnya? Simak terus dibawah ini!

Pada awal tahun 1920, tepatnya pada era industrialisasi saat jam weker masih tergolong barang mahal dan sangat langka.

Baca Juga: Benarkah Penyanyi Lagu November Rain Axl Rose Mengidap Homophobia? Padahal Dia Mengidolakan Freddie Mercury

Ada pekerjaan yang dapat dikatakan cukup unik di inggris dan irlandia. Pekerjaan ini disebut sebagai Knocker Upper atau pengetuk yang disewa untuk membangunkan orang dari jendela kamar agar tidak telat masuk kerja.

Pada era industrialisasi, peraturan waktu untuk masuk kerja sangatlah ketat dan banyak tempat kerja yang tifak mentolerir berbagai macam alasan terlambat datang kerja.

Apabila ada pekerja yang telat, maka mereka akan didenda, atau dikunci dari luar kalau sampai dua kali telat, maka mereka akan dikeluarkan dari tempat kerja.

Waktu para petugas Knocker Upper beraksi adalah jam 3 pagi mereka menggunakan alat semacam tonggak panjang yang terbuat dari bambu dengan kawat tebal yang membentuk seperti cakar di ujungnya.

Baca Juga: Bacaan Doa setelah Akad Nikah Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Hadits Keutamaan Surat Yasin, Baca Malam Ini!

Kamis, 26 Januari 2023 | 16:37 WIB
X