Niat Puasa Rajab Digabung dengan Qadha Puasa Ramadhan, Simak Ketentuannya

- Senin, 23 Januari 2023 | 16:21 WIB
Ilustrasi. Niat puasa Rajab digabung dengan puasa Ramadhan. (Pexels/Monstera)
Ilustrasi. Niat puasa Rajab digabung dengan puasa Ramadhan. (Pexels/Monstera)

AYOSURABAYA.COM -- Bolehkan niat puasa Rajab 2023 digabung dengan qadha puasa Ramadhan? AyoSurabaya telah merangkum dari berbagai sumber mengenai ketentuan puasa yang digabung tersebut.

Hukum menggabung puasa Rajab dengan qadha puasa Ramadhan ini banyak dicari tahu oleh umat muslim. Mengingat puasa Rajab 2023 telah dimulai, simak baik-baik ulasan dalam artikel iniSeperti apa jadinya niat kedua puasa yang digabung tersebut?

Puasa Rajab 2023 telah dimulai sejak hari ini, Senin, 23 Januari 2023. Tepat pada hari ini merupakan 1 Rajab 1444 Hijriah.

Baca Juga: Lirik Mars Harlah NU 2023 Tema dan Logo Satu Abad Nahdlatul Ulama, Ini Makna dan Link Downloadnya

Umat Islam menunaikan puasa sunah di bulan Rajab untuk mendapatkan keberkahan dan ridha Allah SWT. Namun, pertanyaan mengnai menggabungkan puasa Rajab dengan qadha puasa diperbolehkan atau tidak, masih membuat tanda tanya.

Seperti yang telah diketahui, puasa Rajab hukumnya sunah, sedangkan puasa Ramadhan hukumnya wajib. Orang Islam yang memiliki utang puasa wajib membayar sebelum Ramadhan berikutnya tiba.

Bulan Rajab sendiri merupakan bulan yang istimewa dan dimuliakan Allah, yang berarti menjadi waktu yang baik untuk memperbanyak amalan dan ibadah.

Ketentuan Puasa Rajab Digabung dengan Qadha Puasa Ramadhan

Buya Yahya memberikan penjelasan mengenai ketentuan puasa Rajab digabung dengan qadha puasa Ramadhan. Menurutnya, puasa sunnah boleh digabung dengan qadha atau puasa untuk membayar utang Ramadan yang bersifat wajib.

“Bila memiliki utang puasa, silahkan lakukan qadha di bulan Rajab karena akan mendapat pahala Rajab,” ujar Ustadz Buya Yahya dari kanal Youtube Al-Bahjah TV, pada 5 Maret 2019 silam.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X