7 Turis Korea Selatan Tewas di Sungai Danube, Budapest, Hongaria

  Kamis, 30 Mei 2019   Rahim Asyik
Kapal boat polisi Hongaria tengah melakukan pencarian turis yang masih hilang setelah tenggelam di Sungai Danube. (Zoltan Mathe/EPA)***

BUDAPEST, AYOSURABAYA.COM-- Sedikitnya 7 orang tewas dan hampir 20 lainnya hilang setelah perahu wisata yang membawa para wisatawan Korea Selatan terbalik saat air Sungai Danube di Ibu Kota Hongaria, Budapest, meluap pada Rabu (29/5/2019).

Menurut Kementerian Luar Negeri Korsel, 7 turis berhasil diselamatkan tapi 7 lainnya meninggal dunia. Sementara itu, 19 turis dikabarkan masih hilang.

Korea Selatan berencana mengirimkan 18 pejabat, termasuk satu tim penyelamatan dan penanganan darurat, ke Budapest.

Dalam pernyataannya, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyebutkan bahwa pihaknya akan memberikan pendampingan terhadap para keluarga korban.

Seorang juru bicara dinas layanan ambulans Hongaria mengatakan kepada televisi negara bahwa 14 orang berhasil ditarik dari sungai. Tujuh di antaranya meninggal sementara lainnya mengalami hipotermia, namun dalam keadaan stabil.

Upaya penyelamatan besar-besaran dilancarkan dengan mengerahkan perahu, para penyelam, lampu sorot, dan pemindai radar untuk menyelusuri sungai sepanjang beberapa kilometer dari lokasi kecelakaan.

Para wartawan di lokasi kejadian mengatakan mereka melihat ambulans-ambulans untuk anak-anak disiapkan di tepi sungai. Penyiapan menunjukkan bahwa anak-anak termasuk sebagai penumpang perahu terbalik tersebut.

Namun beberapa jam setelah kecelakaan terjadi dan tak lama setelah pukul 21.00 waktu setempat, kemungkinan bahwa petugas dapat menemukan korban selamat di wilayah Budapest pusat menjadi berkurang karena arus kuat sungai telah menghanyutkan para korban jauh ke hilir, kata para kepala dinas layanan penyelamatan kepada media negara.

Dinas Ambulans Nasional Hongaria telah meningkatkan upaya pencarian di sepanjang sungai dari Budapest dan bersiaga di sepanjang kawasan ke arah selatan Hongaria, tempat seluruh lalu lintas perahu sudah dihentikan.

Gambar-gambar televisi memperlihatkan pinggiran Danube ditutup oleh polisi di bagian Pest, di seberang situs Warisan Dunia Istana Buda.

Perahu nahas tersebut bernama Mermaid, bertingkat dua dan memiliki panjang 27 meter dengan mesin berkekuatan 150 tenaga kuda. Menurut perusahaan pemiliknya, Panorama Deck Ltd, kepada media, Mermaid bisa ditumpangi oleh paling banyak 60 orang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar