Unair Siapkan 1.600 Kursi, ISI Surakarta 1.000 Kursi untuk Mahasiswa Baru

  Senin, 17 Juni 2019   Rahim Asyik
Kampus Universitas Airlangga, Surabaya. (www.kampuscenter.com)***

Pendaftaran SBMPTN tinggal sepekan lagi. Unair dan ISI Surakarta siapkan total 2.600 kursi.

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM-- Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan berlangsung hingga 24 Juni 2019, atau masih ada waktu sepekan lagi.

"Pendaftaran SBMPTN masih ada waktu sepekan lagi, namun diimbau untuk mendaftar lebih awal dan tidak terjadi penumpukkan data input atau pendaftaran serentak di hari-hari terakhir menjelang penutupan," kata Kepala Humas Universitas Jambi, Akbar Kurnia Putra kepada Antara di Jambi, Senin (17/6/2019).

Pelaksanaan SBMPTN digelar oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara test masuk perguruan tinggi berstandar di Indonesia.

Penerimaan SBMPTN 2019 dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan peserta seleksi beberapa waktu lalu. Nilai UTBK tersebut dimasukkan ke direktori pendaftaran di laman resmi SBMPTN 2019.

Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru ini khusus bagi calon mahasiswa yang tidak lulus di jalur SNMPTN 2019.

Khusus bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olah raga wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan proses seleksi dalam SBMPTN 2019 yakni portofolio olahraga, seni rupa desain dan kriya, tari, teater, musik, seni karawitan, etnomusikologi, fotografi serta film dan televisi.

"Semuanya dilakukan secara online, sehingga harus dilakukan secara cermat. Dan kami mengimbau pendaftaran dilajukan sejak sekarang, hindari pada waktu-waktu akhir," kata Akbar lagi.

Unair Sediakan 30% dari Daya Tampungnya untuk Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

AYO BACA : Peserta Program Bidikmisi Surabaya Bisa Melanjutkan Kuliah

Terkait dengan pendaftaran itu, Universitas Airlangga Surabaya menyediakan 1.600 kursi atau 30% dari daya tampung untuk mahasiswa baru lewat jalur mandiri pada tahun ajaran 2019/2020.

"Total kuotanya tahun ini sebanyak 5.525 mahasiswa, mulai SMPTN, SBMPTN, hingga jalur mandiri. Untuk jalur mandiri angkanya kurang lebih 1.600 atau 30% dari daya tampung yang ada," ujar Rektor Unair Mohammad Nasih di Surabaya, Senin (17/6/2019).

Untuk penerimaan lewat jalur mandiri, kata Nasih, Unair menggunakan tes tulis sebagai acuan utama dalam penerimaan mahasiswa baru karena ingin memberikan kesempatan lebih luas bagi calon mahasiswa baru yang belum lulus di jalur SMPTN dan SBMPTN.

"Unair memberi kesempatan untuk ujian tulis bagi mereka yang ingin masuk lewat jalur mandiri," ucap Nasih.

Pada proses pendidikan dari jalur mandiri sama dengan yang lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN atau artinya yang membedakan hanya satu, yakni pembayaran SPP.

"Mahasiswa yang lulus lewat jalur mandiri Unair menggunakan UKT tertinggi. Pembayarannya sesuai SK rektor, itu SPP tertinggi hanya untuk Fakultas Kedokteran jumlahnya Rp25 juta per semester. Tidak ada yang sampai Rp100 juta, atau bahkan miliaran rupiah," kata Nasih.

Nasih menegaskan tidak ada pembayaran apapun dan melalui siapapun selain yang sudah ada di dalam SK Rektor Unair, termasuk semua pembayaran masuk ke rekening rektor.

"Tidak ada rekening selain itu. Sehingga kalau ada orangtua yang diberi rekening lain, dan atau kalau ada yang minta pembayaran secara tunai, mohon tidak dilayani dan diabaikan," tuturnya.

AYO BACA : Jangan Biarkan Anak Belajar Seks dari Temannya atau Internet

ISI Surakarta Siapkan 1.000 Kursi

Dari Jawa Tengah, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menyediakan 1.000 kursi untuk mahasiswa baru pada tahun ajaran 2019/2020.

"Tahun kemarin yang daftar ulang 914 orang, tahun ini kami membuka untuk 1.000 mahasiswa baru," kata Wakil Rektor I ISI Surakarta I Nyoman Sukerna di Solo, Jumat (14/6/2019).

Ia mengatakan dari 13 program studi yang dimiliki ISI Surakarta, untuk program studi favorit, yaitu seni tari dan karawitan yang berada di bawah Fakultas Seni Pertunjukan. Bahkan, dikatakannya, untuk seni pertunjukan ini daya tampung dengan jumlah pendaftar perbandingannya 1:2.

"Untuk tahun lalu, dari daya tampung 455 kursi di seni pertunjukan, jumlah pendaftarnya mencapai 1.000 orang," katanya.

Meski demikian, dikatakannya, ada beberapa program studi yang jumlah peminatnya rendah, bahkan lebih rendah dibandingkan daya tampungnya.

"Seperti seni pedalangan, jumlah pendaftarnya 38 orang sedangkan daya tampungnya sampai 50," katanya.

Selain itu, juga program studi keris dari daya tampung 25 kursi untuk peminatnya 8 orang. Menurut dia, dipertahankannya program studi tersebut meski jumlah peminat rendah karena merupakan mandat dari Unesco.

"Bahkan program studi keris di ISI Surakarta ini merupakan satu-satunya pendidikan formal tentang keris di dunia," katanya.

Melihat perbandingan antara jumlah pendaftar dengan daya tampung tersebut, dikatakannya, bagi lulusan Sekolah Menengah Atas yang memiliki minat di bidang pelestarian budaya, program studi ini bisa menjadi salah satu pilihan.

"Peluang untuk diterima sangat besar," katanya.

AYO BACA : Mahasiswa UMP Temukan Celana Terapi untuk Perbaiki Bentuk Kaki Bayi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar