9 Cara Menjaga Anjing Anda Agar Tetap Bersih dan Harum

  Minggu, 23 Juni 2019   Rahim Asyik
Sebagai sahabat setia manusia, anjing perlu dijaga kebersihannya. (pixabay.com)***

Anjing sering disebut sebagai sahabat terbaik manusia. Hewan peliharaan ini bisa memberi penghiburan manakala pemiliknya sedang kesusahan. Anjing bisa jadi penghilang stres.

Namun memelihara anjing juga tidak mudah. Anjing harus dirawat dan dijaga kebersihannya agar jadi teman bermain yang nyaman.

Menjaga kebersihan anjing jelas bukan perkara mudah. Anda tak mungkin juga memandikannya setiap hari agar anjing Anda tetap harum.

Kalau Anda tak bisa memandikannya setiap hari, berikut 9 solusi yang bisa dilakukan agar anjing Anda tidak berbau atau tetap segar. Informasi diambil dari sini:

1. Sikat Bulunya

Menyikat bulu anjing Anda jelas tak memakan waktu lebih banyak dari memandikannya. Selain hemat waktu, menyikat bulu anjing dapat membantu menghilangkan kotoran dan menghilangkan bau. Itu juga membuat bulu mereka sehat dan berkilau. Menyikat secara teratur juga membuat ruangan Anda terbebas dari bulu anjing. Untuk kegiatan ini, pastikan Anda memakai sikat yang lembut dan lebar.

2. Jaga Kebersihan Giginya

AYO BACA : Asal-usul Mengompol dan Cara Mencegahnya

Samalah dengan manusia, nafas anjing Anda akan segar kalau Anda rajin menjaga kebersihan giginya. Bersihnya gigi anjing jelas akan membantu Anda menjauhkan anjing Anda dari radang gusi dan bau mulut anjing.

3. Bersihkan Telinganya

Percaya atau tidak, tindakan sederhana membersihkan telinga akan langsung membantu menghilangkan bau tak sedap. Kalau tidak dibersihkan, pertumbuhan ragi di telinga anjing bisa meningkat dan akhirnya kerap menyebabkan bau tak sedap. Membersihkan telinga anjing bisa menggunakan bola kapas dan baby oil. Namun pastikan untuk tidak menggunakan korek kuping karena dikhawatirkan akan merusak gendang telinga anjing.

4. Bersihkan Tempat Tidur Anjing Secara Teratur

Tempat tidur anjing Anda mungkin jadi tempat bersarangnya kuman, kutu, dan bau anjing. Bahkan kalau Anda sudah membersihkan anjing Anda, percuma saja kalau tidak membersihkan tempat tidurnya. Jadi sebaiknya Anda tidak melewatkan langkah yang sangat penting ini. Tip yang efektif saat mencuci tempat tidur mereka adalah dengan menambahkan ┬╝ cangkir cuka sari apel karena akan sangat membantu Anda menetralkan bau anjing dan menjaga aroma tempat tidur mereka lebih segar lebih lama.

5. Mandi Kering dengan Baking Soda

Alternatif yang baik untuk mandi reguler adalah mandi kering. Caranya, cukup taburkan baking soda ke bulu anjing Anda, lalu gosokkan ke bawah dengan bantuan telapak tangan atau sikat lembut. Biarkan selama beberapa saat sebelum Anda bisa menyisirnya. Dengan cara itu, anjing Anda akan langsung berbau segar, seolah-olah baru saja keluar dari bak mandi.

AYO BACA : Merias Jenazah, Cara Gloria Berterima Kasih Pada Tuhannya

6. Cuci Mainannya Secara Teratur

Tentu saja Anda tidak dapat memandikan anjing Anda setiap hari tetapi Anda pasti dapat meluangkan waktu untuk membersihkan mainannya. Karena anjing biasanya bermain dengan barang-barang itu sepanjang waktu, maka bau anjing akan menempel pada barang-barang itu juga. Oleh karena itu, membersihkan mainan anjing pasti akan membantu menghilangkan bau tak sedap.

7. Bersihkan Kakinya

Anjing suka bermain di luar. Tidak peduli seberapa lelahnya kita, kita tidak bisa menolak permintaan anjing untuk bermain lempar-lemparan atau berjalan-jalan. Tapi mereka tidak memakai alas kaki seperti kita. Jadi, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa kaki mereka dibersihkan setelah mereka kembali dari luar. Membersihkan kaki anjing ini bukan hanya untuk mencegah kotoran dari luar masuk ke dalam rumah Anda, tetapi juga untuk mencegah masuknya bau tak sedap.

8. Gunakan Tisu Hewan

Kalau anjing Anda tiba-tiba berbau, Anda bisa menyekanya dengan tisu hewan peliharaan yang akan membuatnya wangi. Namun sebelum mengelap, pastikan untuk menggunakan tisu ramah hewan peliharaan. Tisu ini berbeda dengan tisu bayi karena kandungan dalam tisu bayi mungkin tidak aman buat anjing Anda.

9. Gunakan Cuka Sebagai Solusi Praktis

Cuka dan air dalam jumlah yang sama dapat digunakan untuk menghilangkan bau benda-benda yang digunakan oleh anjing Anda yang tidak dapat dicuci. Anda bahkan dapat menyemprotkan campuran itu ke tubuh anjing Anda.

Walaupun banyak tips yang bisa digunakan untuk mencegah anjing Anda berbau, cara terbaik tetaplah memandikannya secara teratur dengan shampo. Dan ingat, menjaga kesehatan dan kebersihan anjing bukan cuma baik untuk anjing, tapi juga memberikan rasa nyaman buat pemiliknya. (Yuliana Nadiah Hamdan)

AYO BACA : 7 Faktor Ini Memengaruhi Tubuh Kalau Anda Kurang Tidur

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar