Meninggalnya Ulama Karismatik KH Maimoen Zubair Jadi Trending Topik di Twitter

  Selasa, 06 Agustus 2019   Rahim Asyik
Meninggalnya ulama karismatik KH Maimoen Zubair jadi trending topik di Twitter. (TweetDeck)***

Ulama karismatik Nahdlatul Ulama KH Maimoen Zubair meninggal dunia di RS An Noer, Makkah, Serlasa (6/8/2019) pukul 4.17 waktu setempat atau pukul 8.17 WIB. Mbah Moen, panggilan akrabnya, meninggal dalam usia 91 tahun.

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM-- Ulama karismatik KH Maimoen Zubair wafat di Makkah, Selasa pukul 08.17 WIB atau pukul 04.17 waktu Mekkah, pada usia 91 tahun.

Mbah Moen –panggilan akrab KH Maimoen Zubair— adalah seorang tokoh Nahdlatul Ulama sekaligus salah seorang pendiri Partai Persatuan Pembangunan. Mbah Moen lahir bertepatan dengan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

AYO BACA : Kementan Waspadai Serangan Ulat Grayak Jagung Jenis Baru

Informasi meninggalnya Mbah Moen disampaikan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dalam akun Twitter @mohmahfudmd. "Inna lillah wa innaa ilaihi raji'un. Kyai Maimoen Zubeir (Mbah Moen) wafat di tanah suci Makkah jam 8.17 WIB tadi," tulis Mahfud.

Mahfud mengaku mendapat informasi itu langsung dari Supri, orang dekatnya Mbah Moen. "Beliau wafat di tempat yang dicintainya. Saya mendapat kabar langsung berita ini dari Pak Supri, salah seorang terdekat Mbah Moen. Jadi, insyaallah, ini bukan hoaks," tulis Mahfud.

AYO BACA : 584 Desa di Selatan Jawa Rawan Tsunami

Beberapa waktu terakhir ini, Mahfud mengaku sudah 3 kali bertemu Mbah Moen. Pertemuan terakhir terjadi di Yogyakarta, saat resepsi pernikahan puteri Dubes RI di Arab Saudi Agus Maftuh. ”Pertemuan terakhir itu sangat berkesan bagi saya karena beliau menahan saya, mencengkeram lengan saya sampai lama untuk berbicara setengah berbisik,” tulis Mahfud.

Namun demikian, Mahfud tak menjelaskan isi pembicaraannya dengan Mbah Moen. ”Beliau berbicara serius setengah berbisik sampai agak lama…. Saya jadi rikuh karena waktu itu banyak yang antre mau sungkem ke beliau,” tulis Mahfud.

Meninggalnya Mbah Moen ini jadi trending topik di Twitter. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mencuit, “Innalillahi wa innailaihi rajiuun. Indonesia kehilangan tokoh besar dan pemersatu bangsa.”

Mbah Moen adalah pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Selain dikenal sebagai Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Mbah Moen juga menjabat ketua Majelis Syariah di DPP PPP.

Dari Makkah dilaporkan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin takziah KH Maimoen Zubeir di RS An Noer, Makkah. Dengan mengenakan gamis panjang warna putih dan kopiah putih ia langsung menuju tempat Mbah Moen disemayamkan.

AYO BACA : Menteri PPPA Akan Terbitkan Aturan Pembatasan Penggunawan Gawai

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar