Pilkada Surabaya 2020, Bawaslu Buka Pendaftaran Panwascam

  Kamis, 07 November 2019   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustasi pengawas pemilu (Antara/Ari Bowo Sucipto)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk pengawasan pelaksanaan Pilkada Surabaya 2020.

"Kami berharap masyarakat juga berperan aktif untuk mensukseskan perekrutan ini dengan ikut mendaftarkan diri sepanjang memenuhi persyaratannya," kata Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi, Komisioner Bawaslu Surabaya, Yaqub Baliyya di Surabaya, Kamis (7/11/2019).

Menurut dia, pendaftaran panwascam tersebut sesuai dengan dengan Surat Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor 0883/K.Bawaslu/KP.01.00/XI/2019 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwas Kecamatan Tahun 2019.

AYO BACA : Dilaporkan Dewi Tanjung, Novel: Ngerjain Polisi, Cari Sensasi

"Pedoman pelaksanaan pembentukan panwascam sudah terbit, selanjutnya kami akan segera mempersiapkan segala sesuatunya untuk melaksanakan perekrutan panwascam ini," katanya.

Sesuai dengan surat keputusan tersebut, lanjut dia, pembentukan panwascam dilalui melalui proses penjaringan dan penyaringan secara terbuka, pemilihan dan penetapan.

Adapun persyaratan menjadi anggota Panwascam di antaranya tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota partai politik sedikitnya lima tahun pada saat mendaftar.

AYO BACA : Keji, ART Eks Wagub Sumsel Masukkan Bayinya ke Mesin Cuci

Selain itu, tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD, DPRD serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sekurang-kurangnya dalam jangka lima tahun.

"Bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan pemerintahan atau BUMN/BUMD selama masa keanggotaan apabila terpilih," katanya.

Adapun tahapan dan jadwal pembentukan Panwascam meliputi pengumuman pendaftaran pada 13-26 November 2019, pendaftaran dan penerimaan berkas 27 November-3 Desember 2019, penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi 27 November-4 Desember 2019, pengumuman hasil penelitian administrasi pada 12 Desember 2019.

Selain itu, tanggapan dan masukan dari masyarakat pada 12-15 Desember 2019, tes tertulis dan wawancara 13-17 Desember 2019, pengumuman hasil tes wawancara 18 Desember 2019 dan pelantikan Panwascam 20-21 Desember 2019.

Yaqub menjelaskan untuk Surabaya dibutuhkan sekitar 93 anggota Panwascam dari 31 kecamatan dengan perincian setiap kecamatan ada tiga anggota Panwascam.

"Kami berharap para peminat diharapkan mempersiapkan berkas-berkasnya sedari awal mengingat persyaratannya sangat banyak," ujarnya.

AYO BACA : Tim Labfor Temukan 3 Penyebab Atap SDN Gentong Ambruk

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar