Modus Penipuan CPNS: Catut Nama Pejabat Surabaya

  Senin, 25 November 2019   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Wali Kota Tri Rismaharini, ilustrasi Pemkot Surabaya (Suara.com/Dimas Angga P).

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Belakangan ini, warga Surabaya dihebohkan dengan banyaknya modus penipuan yang mencatut nama Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya Hendro Gunawan.

"Jadi, banyak sekali yang mengatasnamakan Pak Sekkota dengan telepon-telepon menjanjikan jabatan, padahal itu sebenarnya tidak benar, bohong," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara di Surabaya, Senin (25/11/2015).

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai maraknya penipuan, baik melalui telepon, SMS, WhatsApp, maupun media sosial yang mengatasnamakan pejabat pemkot.

AYO BACA : Usai Pesta Miras, Kok 12 ABG Baca Istigfar Berjamaah?

Menurut dia, selain menjanjikan berupa kenaikan jabatan kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemkot, oknum yang diketahui menggunakan nomor telepon 081334394589 dan 081218863599 itu juga mengaku dapat meloloskan peserta CPNS.

"Pemkot Surabaya menyatakan bahwa tidak ada satu pun janji dari Sekkota berupa jabatan ataupun CPNS," katanya.

Sebenarnya, lanjut dia, hal ini merupakan motif lama tetapi muncul lagi. Tentunya ini sangat meresahkan masyarakat dan merusak nama baik Sekkota Surabaya.

AYO BACA : Jelang Pilkada 2020, PDIP Tancap Gas

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat agar tidak percaya dan menanggapi hal tersebut.

"Selain itu, mungkin juga kadang ketika ada prosesi pelantikan itu juga ada oknum telepon-telepon kepada ASN yang mengaku Pak Sekkota menjanjikan kenaikan jabatan dan itu tidak benar," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya menegaskan kembali bahwa ASN di lingkungan Pemkot Surabaya untuk berhati-hati sebab rotasi, mutasi, dan promosi jabatan tidak dilandasi permintaan uang, apalagi pungutan itu mengatasnamakan pejabat Pemkot Surabaya.

Oleh karena itu, lanjut dia, Pemkot Surabaya tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kerugian yang ditimbulkan sebagai akibat dari penipuan tersebut.

AYO BACA : Angin Puting Beliung Hantam Jatim, Satu Orang Tewas

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar