Alibi Mendikbud Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional

  Sabtu, 30 November 2019   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Mendikbud Nadiem Makarim (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Mendikbud Nadiem Makarim mengungkapkan, rencana penghapusan ujian nasional (UN) tak hanya sekadar wacana.

Sebab, kata dia, penghapusan telah dikaji oleh pihaknya berdasarkan usulan dari banyak pihak. Ia menambahkan, usulan penghapusan UN tidak hanya datang dari masyarakat tetapi juga para guru. Salah satu alasannya adalah untuk menghindari murid dari stress.

AYO BACA : Rektor di Malang: Pemikiran Soekarno Kompatibel dengan Zaman

"Banyak sekali aspirasi dari masyarakat sebetulnya, dari guru, dari murid, dari orang tua yang sebenarnya banyak huga dari mereka bukan ingin menghapuskan tapi menghindari hal-hal yang negatif dari sisi stress, menghukum siswa yg mungkin dari bidang itu kurang kuat dll," ujarnya seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Sabtu (30/11/2019).

Menurutnya, rencana penghapusan UN yang selama ini sudah ada tidak tiba begitu saja. Tapi penuh dengan pertimbangan terutama ke sisi positifnya.

AYO BACA : Telat Bayar Sewa, 4 Anak Kos Dibacok

"Jadi ini semacam prinsipnya, jadi bukan sekedar wacana menghapus-hapus. Ini juga wacana memperbaiki esensi dari UN itu apa. Apakah untuk menilai prestasi murid apa untuk menilai prestasi sistem," jelasnya.

Selain itu, ia menekankan bahwa rencana ini masih dikaji oleh pihaknya. Dengan demikian tidak akan bisa ditetapkan dalam waktu dekat.

"Yang pasti 2020 masih akan jalan UN. Ini keputusan untuk setahun berikutnya," tegasnya.

AYO BACA : Pesta Sabu-sabu, Polisi dan Bidan Kena Gerebek

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar