Sosok Gus Hilman di Mata Sahabat

  Rabu, 18 Desember 2019   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Masyarakat mengantarkan jenazah Hilman Wajdi menuju pemakaman, di wilayah Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (18/12/2019). (ANTARA/Vicki Febrianto)

MALANG, AYOSURABAYA.COM -- Duka tengah menyelimuti Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikam Malang usai sang pimpinan KH Hilman Wajdi meninggal dunia akibat kecelakaan mobil di Tol Pandaan-Malang, Rabu (18/12/2019).

Jenazah Gus Hilman yang juga putra ketiga almarhum KH Hasyim Muzadi itu diantar serta didoakan ribuan orang menuju pemakaman. Tutup usianya Gus Hilman secara mendadak, menyisakan duka mendalam warga Nahdliyyin.

Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuqi Mustamar mengatakan Gus Hilman merupakan sosok yang baik dalam bersosial. Bahkan secara personal, Gus Hilman memiliki kepedulian yang tinggi.

"Beliau itu luar biasa. Enggak peduli dia putra orang top Ketua PBNU (Hasyim Muzadi), tapi dia biasa main ke pondok saya yang ketika itu, kami masih pengurus NU Kota Malang. Ngaji, jagongan di sana itu sudah biasa," katanya kepada awak media di Ponpes Al Hikam Malang.

AYO BACA : Atap SD di Jember Ambruk, Labfor Polda Jatim Uji Konstruksi

Ia menambahkan, Gus Hilman adalah sosok yang pandai mengaji. Selain itu, juga aktif dalam organisasi NU dan menjabat sebagai Wakil Sekretaris PCNU Kota Malang.

"Enggak pernah saya melihat dia enggak senyum. Jadi enggak ada tanda-tanda sakit hati, dendam, dengki, enggak ada. Benar-benar orang yang jiwanya bagus, hatinya bagus," kata Pimpinan Ponpes Sabiilul Rosyad, Gasek, Malang ini.

"Sulit mencari kader yang ilmunya punya, nasabnya punya. Pengalaman dia dapat dari abahnya juga dari yang lain-lain. Sebegitu hebatnya tapi masih membaur dengan masyarakat bawah," katanya seperti dilansir dari Suara.com.

Kronologi Kecelakaan

AYO BACA : Gubernur Khofifah Jatim Harga Sembako di Jatim Stabil

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengakui polisi telah menerima laporan kasus kecelakaan yang menewaskan Gus Hilman. Menurutnya, penyebab tewas Gus Hilman terkait kecelakaan yang melibatkan mobil Toyota Inova dengan sebuah truk Nisan.

“Iya benar (korban kecelakaan),” kata Barung seperti dikutip Beritajatim.com.

Sementara Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim Kompol Dwi Sumrahadi menyatakan kecelakaan ini bermula dari kendaraan Toyota Inova berjalan dilajur cepat dengan kecepatan sekitar 100 km/ jam dari arah Surabaya menuju ke Malang.

Dari penyelidikan sementara, penyebab kecelakaan itu lantaran pengemudi Inova itu mengantuk dan menabrak truk tersebut dari arah belakang.

"Sementara dua orang pengendara truk dalam keadaan sehat," katanya.

AYO BACA : Kapolri dan Panglima TNI Cek Keamanan Natal di Surabaya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar