Hujan Angin, 40 Rumah Rusak dan RSUD Sidoarjo Kebanjiran

  Rabu, 25 Desember 2019   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi, salah satu lokasi rumah warga di Banjar Panji, Sidoarjo yang diterjang angin kencang. (ANTARA/HO/BPBD Sidoarjo)

SIDOARJO, AYOSURABAYA.COM -- Sejumlah rumah di Desa Banjarpanji, Tanggulangin, Sidoarjo rusak akibat diterjang angin kencang yang terjadi pada Rabu (25/12/2019) sore.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo, Dwidjo Prawito mencatat sebanyak 40 rumah yang mengalami kerusakan akibat angin kencang tersebut.

"Ada 40 rumah yang mengalami kerusakan ringan akibat angin kencang di Banjarpanji, Tanggulangin," katanya seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan, setelah dilakukan pendataan pihaknya kemudian memberikan bantuan sementara kepada korban berupa terpal untuk menutup atap rumah mereka.

"Bantuan awal seperti terpal akan diberikan sambil menunggu bantuan-bantuan selanjutnya," katanya.

Disinggung mengenai peristiwa banjir di sejumlah lokasi di Sidoarjo, termasuk di sebagian RSUD Sidoarjo dan wilayah Cemengkalang dirinya mengatakan masih melakukan pengecekan.

AYO BACA : Pemkot Surabaya Bentuk Tim Penyelamat Beranggotakan Wanita

"Kami melakukan pengecekan untuk wilayah lainnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho memerintahkan anggotanya untuk membantu arus lalu lintas di wilayah Cemengkalang akibat genangan air banjir setinggi 40 centimeter.

"Anggota sudah saya perintahkan untuk membantu arus lalu lintas di lokasi itu," katanya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda sebelumnya menjelaskan jika sejumlah wilayah di Jawa Timur, termasuk di Sidoarjo, berpotensi terjadi angin kencang di serta hujan deras pada sore dan malam hari

Ruang IGD RSUD Sidoarjo Kebanjiran

Hujan deras yang mengguyur Sidoarjo, tidak hanya membuat banjir di jalan protokol. Akan tetapi, kondisi serupa juga melanda ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sidoarjo. Ruangan tersebut tergenang air hingga setinggi mata kaki.

AYO BACA : Natal, Risma Sidak ke Daerah Pinggiran Surabaya

Air masuk dalam ruangan IGD hingga kamar mandi. Beberapa petugas kebersihan tampak menguras genangan air di ruangan tersebut.

Sedangkan keluarga pasien yang berjaga, diminta oleh pihak rumah sakit untuk keluar dari ruangan.

Direktur RSUD Sidoarjo dr Atok Irawan membenarkan peristiwa itu. Menurutnya, genangan air yang masuk ke ruang IGD ini nerupakan luberan air dari Jalan Raya Mojopahit.

“Sudah dilakukan penyedotan dan pembersihan genangan air yang sempat masuk ke ruang IGD. Satu jam kemudian kondisi normal kembali,” kata Dokter Atok seperti diwartakan Beritajatim.com.

Atok menambahkan, untuk membersihkan ruangan dari genangan air, pihaknya mengerahkan para petugas kebersihan, satpam dan staf yang ada.

Ruangan kondisinya sudah bersih dari genangan air,”  kata dia.

Masih menurut Atok, meski kondisi banjir, pihaknya memastikan pelayanan rumah sakit tidak terganggu. Semua berjalan seperti biasanya. “Pelayanan masih normal,” tegasnya.

AYO BACA : Rute KA Surabaya Terganggu karena Tanki Solar Terperosok

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar