3 Buaya Tampak di Candi Sidoarjo, Warga Diimbau Jauhi Sungai

  Sabtu, 04 Januari 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi buaya (iStock)

SIDOARJO, AYOSURABAYA.COM -- Warga yang berada di Desa Kalipecabean, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, diminta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah 3 Jawa Timur agar tetap waspada.

Imbauan ini terkait adanya tiga buaya muara yang berkeliaran di Sungai Bahgepuk.

AYO BACA : Peninggalan Dinasti Ming dan Tang Ditemukan di Bojonegoro

"Kami imbau warga untuk berhati-hati dan mengurangi aktifitasnya di sekitar sungai," jelas Kasie BKSDA Wilayah 3 Jawa Timur, Dodit Ari Guntoro, Sabtu (4/1/2019).

Ia memaparkan, langkah yang diambil BKSDA Wilayah 3 adalah terus memantau informasi terkait keberadaan buaya muara yang ada di Sungai Bahgepuk.

AYO BACA : 4 Seleb Investasi Bodong Memiles Dipanggil Pekan Depan

"Kami telah berkoordinasi dengan PDTS Kebun Binatang Surabaya untuk sewaktu-waktu jika diperlukan dapat diterjunkan Tim Rescue Buaya," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kecamatan Candi untuk mengundang seluruh Kepala Pemerintahan Desa (Kades) dalam rangka sosialisasi terkait keberadaan buaya muara dan kemungkinan konflik dengan manusia.

"Disamping itu, kita juga memberikan nomor telepon pelayanan masyarakat BKSDA SKW 3 Surabaya, +62 811-3020-193 agar masyarakat Kalipecabean cepat menghubungi kami jika menemukan keberadaan buaya muara," tukasnya.

Sebelumnya warga sekitar Sungai Bahgepuk geger dengan munculnya tiga buaya muara sekitar pukul 15.48 Wib pada Jumat (3/1/2020).

AYO BACA : Kenaikan Iuran BPJS Memberatkan Warga

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar