Mitigasi Bencana, Risma Siapkan 7 Posko

  Rabu, 08 Januari 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Republika/Dadang Kurnia)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bakal menyiapkan sebanyak tujuh posko di beberapa titik di Kota Pahlawan.

Rencana ini dalam rangka mengantisipasi bencana alam selama musim penghujan.

Menurut wali kota yang akrab disapa Risma ini, setiap posko akan mendapatkan fasilitas lengkap. Antara lain tenaga dokter, perawat, petugas Linmas, PMK, dan ambulans.

AYO BACA : OTT Sidoarjo, Firli KPK Besok Pidato Depan Pejabat Jatim

"Semua itu disiapkan agar menjadi jujukan pertama jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu," ungkap Risma seperti dilansir dari Republika.co.id, Rabu (8/1/2020).

Selain itu, pemkot juga akan menyediakan genset, perahu karet, pelampung, dan tenda. Kemudian memasang alat berupa kamera dan layar untuk memonitor cuaca. Pemasangan ini terutama di daerah yang berdekatan dengan pesisir laut.

Menurut dia, warga pesisir akan diajarkan untuk membaca keadaan air. Hal ini terutama melalui alat yang akan disediakan pemerintah kota nantinya. Dengan cara ini, Risma berharap, masyarakat dapat turut memantau keadaan air laut dalam mengantisipasi bencana.

AYO BACA : Tilang Elektronik Surabaya Berbeda dengan Jakarta?

Risma mengaku telah memberikan instruksi kepada jajarannya terkait nelayan. Nelayan diminta agar tidak melaut selama cuaca masih belum stabil. Ketersediaan pangan selama nelayan tidak bekerja akan disiapkan oleh Pemkot Surabaya.

Sebelumnya, Risma telah menerima laporan cuaca di Kota Surabaya selama sepekan ke depan. Berdasarkan data BMKG, Kota Surabaya diprediksi akan mengalami cuaca ekstrem. Oleh sebab itu, Risma mengimbau warganya agar tetap waspada.

Untuk mengantisipasi bencana, Risma juga berencana akan membuat surat edaran. Surat ini ditujukan agar sekolah melarang siswanya beraktivitas di luar ruangan. Upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya angin kencang dan hujan.

"Tidak ada anak yang bermain di luar. Mereka rentan untuk menyelamatkan diri ketika air tumpah,” ujarnya.

AYO BACA : Judika hingga Siti Badriah Terseret Kasus Investasi Bodong Memiles

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar