Hati-hati Beli Mobil Asal Jawa Timur, Ada Sindikat Pemalsu STNK

  Rabu, 05 Februari 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Mobil bodong di Jawa Timur. (Suara.com/Achmad Ali)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM — Polda Jatim mengungkap praktik jual beli mobil bekas dengan menggunakan STNK palsu yang beredar di wilayahnya.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jatim, Kombes Pol Pitra Ratulangie menjelaskan, pengungkapan kasus ini berawal dari operasi lalu lintas yang dilakukan pekan lalu.

"Setelah didapati ada Mobil Toyota Avanza bernopol L 1601 TS berikut STNK palsu, pengemudinya lalu diserahkan ke Ditreskrimum," kata Pitra, Rabu (5/2/2020).

Selanjutnya, jelas Pitra, Tim Subdit Jatanras dipimpin Kasubdit Kompol Oki Ahadian Purwono kemudian melakukan pemeriksaan intensif terhadap pengemudi untuk mengetahui asal usul mobil yang dikemudikannya itu.

"Dari hasil pemeriksaan terungkap, seharusnya mobil itu bernomor polisi B 2168 UFH," jelas Pitra.

Atas temuan itu, Tim Jatanras langsung menyebar untuk memburu tempat asal mobil itu. Juga untuk mengungkap siapa pembuat STNK palsu atas mobil tersebut.

"Setelah melakukan pemeriksaan intensif terhadap pengemudi mobil, akhirnya kami menangkap pemilik mobil ber-STNK palsu tersebut di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri dengan puluhan korban," ungkapnya.

Pitra menyebut, pemilik mobil itu berinisial Bs (44). Dari tangan Bs, juga menyita sejumlah barang bukti.

"Selama ini pelaku melakukan jual beli mobil dengan STNK palsu yang diproduksi sendiri," beber Pitra.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar