Pemprov Jatim Minta Maaf Soal Viral Foto Sampah Berserakan di Acara Temu Lurah

  Kamis, 27 Februari 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Sampah berserakan usai pertemuan lurah se-Jatim di Surabaya (Twitter/araseoyo)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM — Publik di jagat maya geger dengan foto sampah yang berserakan di Jatim Expo International, Surabaya.

Sampah-sampah tersebut merupakan sisa makanan usai pertemuan lurah se-Jawa Timur pada Selasa (25/2/2020) siang. Foto-foto sampah yang berserakan tersebut mendapat kecaman dari banyak netizen.

Akibat hal itu, Pemprov Jatim melakukan klarifikasi dan permohonan maaf.

Klarifikasi dan permohonan maaf tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur, Mohammad Yasin.

Ia mengatakan bahwa sampah-sampah pada acara tersebut hanya sesaat setelah acara dan tak lama kemudian bersih seperti semula.

"Foto yang beredar tersebut, diambil saat acara sedang berlangsung. Pihak pengelola gedung dan panitia secara cepat langsung membersihkan lokasi dan dlm waktu kurang lebih satu jam setelah acara selesai. Sekitar pukul 16.00 Jatim Expo kembali kinclong," jelas Yasin dalam

Keterangan resminya, Rabu (26/2/2020) malam.

Yasin juga menyebut jika panitia sebelumnya juga sudah menyebar tempat sampah di banyak titik di lokasi acara sebagai langkah antisipasi sampah yang beredar. Ia meminta untuk harap maklum karena mengingat acara dihadiri oleh ribuan orang se Jatim.

"Tempat sampah sudah banyak disediakan diluar dan di dalam, dan imbauan untuk membuang sampah sudah sering sampaikan kepada peserta. Mengingat juga acara dihadiri 8.500 perangkat desa se-Jawa Timur pengelola dana desa," ujarnya.

Kendati demikian, Yasin mengatakan bahwa Pemprov Jatim atas nama penyelengara Acara Rapat Kerja Percepatan Penyaluran Dana Desa Provinsi Jawa Timur meminta maaf kepada warga Surabaya atas viralnya video sampah di Gedung Jatim Expo Jalan Frontage Ahmad Yani Surabaya Selasa (25/2/2020).

"Sekali lagi, kami atas nama penyelenggara acara memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas terselenggaranya acara, baik itu dampak lingkungan maupun kemacetan yang terjadi," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar