Risma: Warga Surabaya Gratis Periksa Gejala Virus Corona

  Selasa, 03 Maret 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini mengunjungi RS Unair pada Selasa (3/3/2020). [Suara.com/Dimas Angga P]

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM — Pemkot Surabaya bakal membebaskan biaya pemeriksaan gejala penyakit virus corona kepada warganya.

Penyakit itu di antaranya batuk, pilek, sakit kepala dan sesak napas.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan layanan gratis itu sebatas pengecekan kesehatan. Pemeriksaan itu juga mencakup hingga penjemputan di rumah pasien.

“Kalau ada gejala panas, batuk, pilek, nyeri kepala, sesak napas itu bisa langsung diperiksakan di RSUA biaya ditanggung Pemkot Surabaya. Kalau rumahnya jauh dari RSUA, telepon saja 112 minta dijemput. Kita sudah siapkan ambulance khusus,” papar Wali Kota Surabaya 2 periode itu saat mengunjungi Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), Selasa (3/3/2020).

Risma mengimbau agar masyarakat semakin rutin mengkonsumsi empon-empon.

“UNAIR sudah bisa memastikan jika empon-empon sudah bisa meningkatkan daya tahan tubuh,” ujarnya.

“Warga tidak usah panik, ayo gunakan produk herbal yang sudah teruji. Nenek moyang kita dulu sudah membuktikan,” tambah Risma.

Di sisi lain, pada kesempatan ini, Pemkot Surabaya dan RSUA secara resmi melakukan kerja sama dalam menangkal Virus Corona. Pemeriksaan bagi yang merasa memiliki gejala terjangkit, dilakukan secara gratis.

“Kami sudah punya tim terdiri dari lembaga penyakit tropis dan para pakar di sektor terkait dalam penanganan masalah ini. Sinergi dengan Pemkot pun semakin memantapkan kemampuan kami untuk itu. Peralatan yang kami gunakan juga sudah memenuhi standar WHO,” beber Direktur Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Prof Nasronudin.

 

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411atau kontak ke nomor 081212123119.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar