Empon-empon Surabaya, Barang Mewah di Tengah Geger Corona

  Jumat, 06 Maret 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi empon-empon [Suara.com/Angga Budhiyanto]

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM — Empon-empon atau rempah-rempah mendadak jadi komoditas yang diburu.

Harganya menjulang mahal karena hukum ekonomi, semakin banyak permintaan maka harga jual semakin mahal pula.

Malam-malam wartawan mendatangi pasar tradisional Keputran, Surabaya. Kebetulan, Kamis malam (5/3/2020) ada inspeksi mendadak dari Polda Jatim beserta Komisi Persaingan Usaha (KPPU) Provinsi Jatim.

Sidak yang dilakukan sekira pukul 22.00, Satgas pangan mendapati sejumlah temuan bahwa memang empon-empon melejit mencapai seratus persen.

Halimah (35) kaget. Bukan karena sidak itu, tapi harga empon-empon yang biasa dia jual mendadak mahal di distributor. Mau tak mau, Halimah pun menjual dengan mahal pula, ditambah selisih harga untuk keuntungan.

Di warung Halimah, jahe merah yang semula dibandrol harga Rp 40 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp80 ribu per kilogram.

"Sere sekarang Rp15 ribu (per kilogram), biasanya cuma Rp5 ribu. Temulawak juga sekarang Rp20 ribu (per kilogram), biasanya Rp7 ribu," ujarnya saat ditemui di lokasi.

Kenaikan harga komoditas, aku Halimah, dipicu langkanya empon-empon di pasaran. Sejak tiga hari terakhir, sere, temulawak, jahe maupun bawang bombay sudah tidak ada di pasaran.

"Tiga hari terakhir ini barangnya kosong tidak ada kiriman. Saya gak tau apa memang dari petaninya gak ada atau gimana," ujar Halimah.

Meskipun ada, lanjut Halimah, empon-empon yang langka itu tidak banyak. Kalaupun dikirim, tidak sampai satu hari sudah habis.

"Kalaupun ada tidak banyak. Stoknya tipis," katanya.

Keluar pasar, empon-empon juga dari barang racikan. Meski bukan barang baru. Racikan ini dipercaya bisa mencegah virus corona di dalam tubuh manusia.

Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Mangestuti Agil mencari racikan untuk empon-empon. Menurut sang profesor, masyarakat perlu kembali mengoptimalkan rempah tradisional atau empon-empon sebagai upaya terhindar dari virus corona yang telah masuk ke Indonesia. Tubuh manusia yang sehat sudah dilengkapi dengan daya imun atau kekebalan tubuh untuk menjaga dari berbagai penyakit dan virus.

Namun, saat manusia lengah dan daya imun turun maka penyakit dan berbagai virus mudah datang, serta menyebabkan tubuh menjadi sakit. Untuk itu, menjaga agar imunitas tetap terjaga dengan baik diperlukan berbagai upaya seperti manajemen stres yang baik, menjaga pola makan, istirahat dan olahraga teratur.

Beberapa rempah itu, misalnya, kunyit yang ternyata memiliki antioksidan yang baik untuk menguatkan kekebalan tubuh. Selain itu, jahe juga bagus untuk tubuh.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar