Meski PSBB, Pemkab Sidoarjo Masih Kesulitan Tekan Sebaran Corona

  Jumat, 08 Mei 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi pengecekan suhu badan di tengah pandemi corona (Suara.com/Angga Budhiyanto)

SIDOARJO, AYOSURABAYA.COM — Sidoarjo masih kesulitan untuk menekan penyebaran virus corona selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Hal itu dikatakan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin. Ia menambahkan, meski pelaksanaan PSBB sudah memasuki hari ke-11 dan angka penyebaran Covid-19 terus meningkat.

"Target PSBB menekan penyebaran Covid-19 hingga 30 persen sepertinya agak berat," kata Nur Ahmad seperti dilansir dari Antara dan Republika, Jumat (8/5/2020).

Hal ini, katanya, terlihat dari jumlah penyebaran pasien Covid-19 di Sidoarjo yang terus bertambah setiap hari. Data sementara hingga Jumat (8/5/2020) jumlah pasien positif Covid-19 mencapai 152 orang dan 16 diantaranya meninggal dunia.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) 214 orang dan 18 di antaranya meninggal dunia. Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 832 orang dan dua meninggal dunia.

Pada 26 April 2020 atau dua hari sebelum PSBB, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif di Kabupaten Sidoarjo baru 80 orang dengan jumlah PDP 172 orang dan ODP 662 orang.

"Di sisa pelaksanaan PSBB yang kurang beberapa hari lagi, kami akan menggencarkan pelaksanaan rapid test atau uji cepat," katanya.

Salah satu rapid test dilakukan di pasar-pasar, karena di sejumlah pasar ditemukan pedagang positif terpapar virus corona dan setelah dilakukan rapid test, ternyata juga ada beberapa pedagang yang reaktif. "Kondisi seperti ini harus ditangani secara bersama-sama. Semoga pandemi ini bisa segera berakhir," katanya.

Dalam kegiatan itu, Gugus Tugas Covid-19 Sidoarjo menerima bantuan 10 ribu butir telur ayam dari PT Charoen Pokphand Indonesia wilayah Sidoarjo. Penyerahan secara simbolis antara PT CPI kepada Wakil Bupati Sidoarjo disaksikan Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Mimik Idayana bersama Anggota Komisi III DPR RI Rahmat Muhajirin, Kapolresta Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Sumardji dan beberapa pejabat lainnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar