5 Manfaat Minum Lemon Tea

  Minggu, 10 Mei 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Lemon tea (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM —  Banyak manfaat kesehatan yang diperoleh dari meminum lemon tea atau teh lemon.

Menurut sebuah laporan oleh University Health Service (UHS) dari Rochester University, secangkir teh lemon panas secara ilmiah diketahui telah membantu orang yang menderita gejala pilek biasa.

Tetapi orang tidak perlu membatasi diri untuk menyiapkan minuman ini karena dapat juga dinikmati secara dingin dengan es batu. 

Mari kita lihat berbagai alasan mengapa seseorang harus memasukkan minuman sehat ini ke dalam daftar makanan sehari-hari mereka. 

Melansir dari Femina.in, (5/5/2020) dan AyoBandung.com, berikut 5 manfaat mengonsumsi teh lemon secara rutin:

1. Tetap Terhidrasi 

Menurut para ahli, wanita harus minum setidaknya 2,5 liter air sehari dan pria harus minum setidaknya 3,5 liter air dalam sehari. 

Ini termasuk air dari makanan dan sumber-sumber lain seperti teh, kopi, jus dan lain-lain. Namun, beberapa orang tidak dapat melacak konsumsi air harian mereka, atau mungkin tidak dapat minum air yang cukup karena mereka tidak suka rasanya. Ini adalah saat teh lemon datang untuk menyelamatkan.

Ketika kita bangun di pagi hari, tubuh kita mengalami dehidrasi karena puasa selama setidaknya delapan jam selama tertidur. Lemon terkenal karena mampu merehidrasi tubuh manusia dalam beberapa menit setelah meminumnya.

Konsumsi teh lemon bisa sangat bermanfaat selama musim panas atau cuaca lembab ketika tubuh cenderung kehilangan lebih banyak air karena berkeringat.

2. Kaya Vitamin C

Buah jeruk seperti lemon adalah sumber vitamin C yang tinggi, dan merupakan antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C juga bermanfaat bagi orang-orang yang berjuang melawan selesma. 

Dosis teratur mengonsumsi teh lemon juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan risiko stroke, serta menurunkan tekanan darah.

Vitamin C membantu melawan efek negatif dari radikal bebas, yang baik untuk penglihatan. Serta dapat mengurangi risiko terkena katarak hingga 80 persen. Tak hanya itu, asupan Vitamin C juga dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat dan baik untuk kesehatan gigi dan tulang. 

Anda juga dapat menambahkan beberapa daun kemangi segar ke teh lemon Anda untuk manfaat kesehatan maksimal.

3. Turunkan Berat Badan

Studi menunjukkan bahwa minum teh lemon (baik panas atau dingin) dalam jumlah yang pas dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab, teh lemon  mengeluarkan racun keluar dari tubuh dan meningkatkan metabolisme. 

Dengan teh lemon, Anda bisa minum sesuai kebutuhan untuk mengelola berat badan yang sehat. 

Anda dapat menambahkan jahe dan madu, yang merupakan kombinasi tepat untuk membakar kalori. 

Teh lemon juga membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

4. Lancarkan Pencernaan 

Lemon dapat meningkatkan resistensi insulin, yang membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Jika seseorang mengalami mual atau muntah karena beberapa penyakit, teh lemon dengan jahe bekerja untuk membantu menghilangkan gejala-gejala tersebut dan memberikan bantuan secara instan dalam memperbaiki sistem pencernaan.

Jahe segar paling efektif dalam mengobati masalah pencernaan dan sakit perut.

5. Cegah Kanker

Lemon mengandung quercetin, yang merupakan flavonoid yang melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari radikal bebas yang memiliki efek merusak tubuh. 

Penelitian juga menemukan bahwa quercetin memiliki efek antiinflamasi, dan mencegah reaksi alergi. Ini juga memeriksa pertumbuhan sel kanker dan mungkin efektif terhadap jenis kanker tertentu, terutama kanker usus besar.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar