19 PNS Pemprov Jatim Terpapar Covid-19

  Selasa, 23 Juni 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi PNS. (Suara.com/Supriyadi).

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Kepala BKD Jatim Nurcholis menyebutkan, jumlah ASN Pemprov Jatim mencapai 77.953 orang.

Adapun dari jumlah tersebut, baru 7.286 orang yang menjalani tes cepat atau rapid test Covid-19. Artinya, jika dipersentasekan, hanya 9,35 persen ASN Pemprov Jatim yang telah menjalani rapid test.

Dari jumlah tersebut, kata Nurcholis, ada 218 ASN di lingkungan Pemprov Jatim yang dinyatakan reaktif rapid test. Nurcholis melanjutkan 218 ASN yang reaktif, baru 174 orang yang dilakukan tes swab PCR. Hasilnya, 19 ASN positif Covid-19, 38 orang negatif Covid-19, dan 125 sisanya menunggu hasil tes swab keluar.

"Yang reaktif 218 orang, yang positif 19 orang. Itu mulai pertama sampai terakhir tadi pagi," ujar Nurcholis di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (23/6/2020).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memgungkapkan, sebagian besar ASN yang dinyatakan positif Covid-19, dirawat di rumah sakit darurat, di Jalan Indapura, Surabaya. Karena sebagian bergejala ringan. Namun, kata dia, mereka yang bergejala klinis berat tetap dibawa ke rumah sakit rujukan yang lebih lengkap.

"Ini sesuatu yang memang harus kita hadapi bersama. Hari ini ada yang sudah dirawat di RS darurat. Yang (gejala klinisnya) sedang ke arah berat dibawanya ke RS rujukan," ujar Khofifah.

Khofifah mengingatkan, suasana saat ini, belum terbebas dari Covid-19, baik dunia, nasional, maupun Provinsi Jawa Timur. Karena, kata dia, jika dilihat dari data yang ada, peningkatan pasien Covid-19 masih signifikan. Khofifah pun mengingatkan masyarakat untuk tidak menyepelekan protokol kesehatan, meskipun pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah selesai.

"Oleh karena itu sebelum vaksin ditemukan, vaksin yang paling ampuh adalah disiplin. Jangan pernah kita merasa oh ini sudah tidak PSBB  boleh berlonggar-longgar ria " kata Khofifah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar