BPS: Perekonomian Jatim Mulai Menggeliat

  Rabu, 01 Juli 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Pedagang pasar tradisional. (Ayobandung.com)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mencatat, pada Juni, Jatim mengalami inflasi sebesar 0,28 persen, yaitu dari 104,09 menjadi 104,38.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, Dadang Hardiwan mengungkapkan, pada Juni 2020, wilayah setempat mengalami inflasi sebesar 0,28 persen yaitu dari 104,09 menjadi 104,38.

Kepala BPS Jatim mengatakan, peningkatan inflasi tersebut menunjukkan ekonomi mulai menggeliat, setelah sempat terhambat pandemi Covid-19.

"Ekonomi sudah mulai menggeliat, karena inflasi tidak tinggi, dan saya harap terus ada penurunan data Covid-19. Mudah-mudahan sudah tidak bertambah lagi dan ekonomi semakin membaik," kata Dadang saat menggelar konferensi pers secara virtual, Rabu (1/7/2020).

Dadang mengatakan, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Juni 2020 antara lain angkutan udara, daging ayam ras, telur ayam ras, angkutan antar kota, cumi-cumi, alpukat, kentang, nasi dengan lauk, rokok kretek filter, dan shampo.

Dadang mengungkapkan, dari delapan kota dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) di Jawa Timur, tujuh kota mengalami inflas dan satu kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi dicatatkan Malang sebesar 0,44 persen. Kemudian diikuti Jember sebesar 0,30 persen, Surabaya sebesar 0,28 persen, Kediri sebesar 0,25 persen, Madiun sebesar 0,20 persen, Probolinggo sebesar 0,15 persen, dan Banyuwangi sebesar 0,06 persen.

"Kota yang mengalami deflasi yaitu Sumenep sebesar 0,15 persen," kata Dadang.

Dadang melanjutkan, tingkat inflasi tahun kalender (Januari - Juni) 2020 di 8 kota IHK Jawa Timur, Jember merupakan kota dengan inflasi tahun kalender tertinggi, yaitu mencapai 1,37 persen. Sedangkan kota yang mengalami inflasi tahun kalender terendah adalah Malang yang mengalami inflasi sebesar 0,88 persen.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar