Risma Siapkan Lapangan Standar FIFA untuk Piala Dunia U-20

  Jumat, 07 Agustus 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Wali kota Surabaya Tri Rismaharini dalam salah satu kesempatan. (Humas Pemkot Surabaya)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Surabaya tengah menyiapkan lima lapangan latihan berstandar FIFA untuk Piala Dunia U-20 2021.

Demikian kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Setelah menemui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Risma mengatakan 3 dari lima lapangan itu berstatus baru dibangun.

"Ada tiga yang baru kami buat dan sudah melalui pengerukan, tinggal membenahi fisiknya. Itu di sekitar stadion utama Piala Dunia U-20 (Stadion Gelora Bung Tomo). Lalu dua lagi yaitu Stadion Gelora 10 November dan lapangan di dekatnya," ujar Risma, seperti dilansir dari Antara dan Republika, Kamis (6/8/2020).

Untuk dua lapangan yang disebutkannya terakhir, Risma menargetkan perbaikannya rampung pada September 2020. Nantinya, kedua lapangan dilengkapi dengan lampu berdaya pancar 1.200 lux.

Kemudian, Pemkot Surabaya juga membenahi rumput, tribun, ruang ganti dan pagar penutup.  

Hal serupa juga akan diterapkan di tiga lapangan baru yang ada di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo. 

"Sebenarnya kami ingin semua selesai pada November 2020. Namun karena pandemi COVID-19, prosesnya jadi agak tertunda karena keuangan kami arahkan ke kesehatan. Akan tetapi, saya memastikan semua standar akan kami penuhi," tutur Risma.

Tri Rismaharini pun menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), untuk menentukan lapangan latihan mana yang dipakai sebagai pendukung stadion utama Piala Dunia U-20 di Surabaya yaitu Stadion Gelora Bung Tomo.

Yang jelas, kata Risma, lapangan-lapangan itu nantinya tidak hanya dimanfaatkan untuk Piala Dunia U-20. Tetapi juga bisa digunakan untuk acara-acara berikutnya. Selain itu, dapat pula dipakai oleh masyarakat Surabaya.

Menpora Zainudin Amali menyambut baik persiapan Surabaya untuk menggelar Piala Dunia U-20 tahun 2021 dan mengapresiasi semua persiapan terkait lapangan latihan.

Namun, Menpora menegaskan bahwa akan ada satu lapangan latihan yang berada di luar Surabaya, yaitu di Bangkalan, Pulau Madura.

"Semuanya ditempatkan di Surabaya, satunya ada di Bangkalan," ujar Zainudin Amali.

Pemerintah dan PSSI memastikan ada enam stadion utama yang digunakan di Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-12 Juni 2021 yakni Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Sesuai permintaan FIFA, setiap stadion itu harus dilengkapi dengan lima lapangan latihan berstandar internasional untuk tempat berlatih tim peserta dan wasit.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar