Bupati Kediri Kena Teror: Suhu Politik Pilkada Panas

  Minggu, 16 Agustus 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Sutrisno (kanan), suami Bupati Kediri Haryanti (Suara.com/Usman)

KEDIRI, AYOSURABAYA.COM -- Sutrisno, suami dari Bupati Kediri Haryanti, buka suara terkait teror petasan yang menyasar kediamannya, Minggu pagi (16/8/2020).

Ia menduga teror itu berkaitan dengan memanasnya suhu perpolitikan jelang Pilkada 2020. Dugaan ini berangkat dari pengalaman Sutrisno 20 tahun terakhir.

Sejak ia menjabat Bupati Kediri periode 1999-2009 hingga dilanjutkan istrinya, Haryanti periode 2010-2021, tidak pernah ada teror menyasar kediamannya.

"Kalau saya menangkapnya itu, ini kan menjelang Pilkada ya, menjelang Pilkada. Tentunya ada suhu politik yang memanas," kata Sutrisno, Minggu (16/8/2020).

"Ini sebagai pengalaman kita semua. Masyarakat Kabupaten Kediri sudah 20 tahun nyaman, dan tenang. Baru Pilkada saat ini itu terjadi sesuatu yang aneh atau apa, apa unik," lanjut eks politikus PDIP ini.

Sutrisno menuturkan, banyak kejadian janggal yang dialaminya akhir-akhir ini, terutama menjelang Pilkada. Seperti tudingan yang diarahkan kepada dirinya dan keluarganya yang disebut mendukung khilafah.

"Jadi dari pihak tertentu, treatmentnya itu nggak pas. Kalau hal itu menyampaikan saya khilafah atau keluarga saya, itu nggak tepat," tuturnya.

Tak berhenti di situ, kata Sutrisno, kejadian janggal kembali terjadi. Kediamannya dilempari petasan jenis kembang api.

Petasan itu menyasar garasi mobil kediamannya. Beruntung tidak ada korban dalam insiden ini.

"(Ada yang) melempar petasan, dan petasannya itu kan ada kertasnya," ungkapnya.

Selongsong petasan yang dilempar bertuliskan KEDIRI MILIK NU, ANGKAT KAKIMU SEBELUM KAMU DAN KELUARGAMU KAMI BAKAR!!!, NKRI HARGA MATI.

Sementara di Pilkada Kediri 2020, sejauh ini hanya baru satu pasangan calon yang diproyeksikan maju, yakni duet Hanindhito Himawan Pramono-Dewi Maria Ulfa. Hanindhito ialah putra Seskab Pramono Anung.

Dhito, sapaan Hanindhito, rencananya diusung enam parpol dengan jumlah kursi di DPRD mencapai 44 dari total 50 kursi.

Keenam parpol itu yakni PDIP, PKB, PAN, NasDem, Golkar dan Gerindra.

Diberitakan sebelumnya, rumah pribadi Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno, diteror orang tak dikenal sekitar pukul 03.00 WIB pagi tadi.

Garasi mobil kediaman bupati dilempari petasan jenis kembang api.

Teror ini diungkap suami Haryanti, Sutrisno. Lewat akun facebook pribadinya, @Sutrisno Kdr, mantan Bupati Kediri tersebut mengunggah rekaman CCTV yang merekam aksi pelaku.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar