Bakar Sampah Sembarangan Bisa Kena Denda Rp50 Juta

  Jumat, 11 September 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi Kebakaran (Ayobandung.com/Attia Dwi Pinasti)

BOJONEGORO, AYOBANDUNG.COM -- Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro untuk menertibkan warganya agar tidak bakar sampah sembarangan perlu diacungi jempol. Pasalnya Peraturan Daerah (Perda) nomor 15 tahun 2015 Pasal 18 mengatur pelarangan membakar sampah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro Ahmad Gunawan mengatakan, dalam Perda nomor 15 tahun 2015 tersebut diatur juga sanksi bagi pembakar sampah. Bagi Warga Bojonegoro yang kedapatan membakar sampah bisa dikenai sanksi pidana kurungan tiga bulan dan denda maksimal Rp 50 juta.

AYO BACA : Bikin Heboh, Gadis Ini Akui Tak Kapok Meski Dibui Gara-gara Narkoba

“Sehingga selain membakar sampah itu kena sanksi pidana, sebenarnya juga berdampak pada kerusakan lingkungan atau disebut efek rumah kaca,” ujarnya seperti dilansir Beritajatim.com-jaringan Suara.com pada Kamis (10/9/2020).

Tak hanya itu, sebelumnya Damkar Bojonegoro juga telah mengeluarkan surat edaran kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap ancaman kebakaran di musim kemarau. Surat itu diedarkan melalui pemerintahan desa, kecamatan, hingga kelompok masyarakat.

AYO BACA : 2 Rumah Warga Trenggalek Diteror, Bom Molotov Sampai Lukai Korban

Menurut Gunawan, kebakaran rentan terjadi saat musim kemarau. Pemicu yang sering terjadi di antaranya dari aktivitas rumah tangga. Misalnya, lupa mematikan kompor setelah memasak, membiarkan anak-anak bermain sumber api, instalasi listrik, dan pembakaran sampah.

Salah satu contoh kasus kebakaran yang terjadi belakangan adalah rumpun bambu milik Ashari (64) Warga Desa Sumuragung, Kecamatan Sumberrejo. Kebakaran tersebut berasal dari pembakaran sampah daun kering yang kemudian menjalar ke rumpun bambu. Lokasi yang berdekatan dengan permukiman sempat membahayakan warga.

AYO BACA : 10 Pegawai Positif Covid-19, Bank Jatim di Jember Ditutup 2 Pekan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar