Bantuan Subsidi Gaji Tak Kunjung Cair? Coba Cek Hal Ini

  Senin, 21 September 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Uang (pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) pekerja senilai Rp1,2 juta saat ini sudah sampai pada tahap keempat. Dilansir dari Ayojakarta.com, menurut data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), penerima subsidi upah pada tahun ini ditargetkan sebanyak 15,7 juta orang pekerja.

Kemnaker dan BPJamsostek sebagai mitra penyalur data harus mengecek data dan rekening sebanyak jumlah penerima. Hal ini, tak dapat dipungkiri akan memakan waktu karena verifikasi harus dilakukan satu per satu agar meminimalisir kesalahan dan subsidi upah bisa tepat sasaran.

AYO BACA : Khofifah Kucurkan Rp1,524 M untuk Usaha Perempuan, Wilayah Mana Saja yang Dapat?

Terkait penyaluran, Kemnaker mempercayakan sepenuhnya kepada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yakni Bank BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Keempat bank ini yang juga akan mencairkan uang BSU atau BLT kalian ke rekening bank penerima maupun rekening bank BCA dan swasta.

Namun, dalam prosesnya terdapat sejumlah kendala atau masalah dalam penyaluran subsidi upah. Untuk, itu Kemnaker meminta agar calon penerima subsidi upah ini kembali mengecek rekening yang didaftarkan. Sebab, masih ditemukan 5 masalah terkait rekening calon penerima.

AYO BACA : Begini Cara Mendapatkan Kuota Gratis Kemendikbud untuk Guru, Dosen, Siswa, dan Mahasiswa

Berdasarkan unggahan akun Instagram @kemnaker, 5 kendala ini yang sebabkan BSU atau BLT Rp1,2 juta tak bisa segera dicairkan :

“Cek Rekeningmu Yuk Rekanaker! Karena masih ditemukan berbagai kendala dalam penyaluran Bantuan Subsidi Gaji/Upah”

1. Rekening tidak sesuai nomor induk kependudukan (NIK)
2. Rekening yang sudah tidak aktif
3. Rekening Pasif
4. Rekening yang tidak terdaftar
5. Rekening telah dibekukan oleh bank

Oleh sebab itu, untuk mengatasi kendala belum cairnya uang BSU atau BLT ke rekening masing-masing calon penerima, kalian diminta memastikan rekening yang didaftarkan. Pasalnya, kendala ini juga menjadi salah satu masalah yang menyebabkan subsidi upah untuk para pekerja bergaji di bawah Rp5 juta tak kunjung cair.

 

AYO BACA : Bandar Sabu di Surabaya Tewas Dibedil, Polisi Ungkap Jaringan yang Lebih Besar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar