Jangan Bosan! Ayo Cek Rekening Lagi, Bantuan Subsidi Tahap 4 Ditransfer ke Himbara, BCA, dan Bank Swasta

  Kamis, 24 September 2020   Adi Ginanjar Maulana
Bantuan subsidi gaji yang sudah disalurkan Kemnaker

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM--Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akhirnya mencairkan bantuan subsidi gaji atau bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4, Rabu (23/9/2020).

Bantuan subsidi gaji yang disalurkan sendiri sebesar Rp1,2 juta dan calon penerima merupakan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek.

Adapun, bantuan subsidi gaji ini sudah disalurkan ke sejumlah bank di Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), BCA, dan bank swasta.

“Dari 2,8 juta data calon penerima tahap 4, sebanyak 2,65 juta orang yang sudah lengkap datanya telah diproses pencairan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)," ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah.

Setelah data nomor rekening dikirimkan ke KPPN, lembaga itu langsung mencairkan uang BSU atau BLT ke bank penyalur yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Setelahnya, penyalur segera transfer ke masing-masing rekening penerima, baik ke Bank Himbara maupun Bank BCA dan swasta lainnya.

AYO BACA : BANTUAN SUBSIDI GAJI: Banyak Diakses, Situs Kemnaker.go.id dalam Perbaikan

Ida juga memastikan, koordinasi dengan Bank Himbara bakal terus dilakukan untuk mempercepat proses transfer subisidi upah pekerja bergaji di bawah Rp5 juta tersebut. 

“Kita berharap penyaluran tahap 4 ini terus berjalan dengan lancar seperti tahap 1, 2, dan 3, sehingga target penyaluran pembayaran tahap pertama bantuan subsidi upah/gaji bisa tercapai,” ujarnya.

Kemenaker mencatat, per 22 September 2020, BSU atau BLT tahap pertama hingga tahap kedua sudah berhasil disalurkan ke 8,82 juta orang penerima atau sekitar 98,02% dari 9 juta orang.

Bila dirinci, penyaluran BSU atau BLT tahap pertama telah mencapai 2,48 juta orang atau sekitar 99,38% dari total penerima 2,5 juta orang, penyaluran tahap kedua telah mencapai 2,98 juta  orang atau sekitar 99,36% dari total penerima sebanyak 3 juta orang serta penyaluran tahap ketiga telah mencapai 3,35 juta orang orang atau sekitar 95% dari total 3,5 juta orang.

“Kemenaker menyediakan layanan pengaduan terkait penyaluran bantuan subsidi gaji melalui laman http://bantuan.kemnaker.go.id. Melalui laman ini, pekerja bisa bertanya, mencari informasi ataupun mengadukan permasalahan terkait bantuan subsidi gaji,” kata Ida.

AYO BACA : Ayo Simak Alur Pencairan Bantuan Subsidi Tahap 4 yang Disalurkan ke Himbara, BCA, dan Bank Swasta

Cara Mengecek Bantuan Subsidi Gaji atau Tidak

Cara mengecek bantuan subsidi upah dengan mengklik https://kemnaker.go.id/ lalu pillih kanal subsidi upah, https://bsu.kemnaker.go.id/.

Pertama, Anda mengunjungi website kemnaker.go.id.

Kedua, Anda harus daftar terlebih dahulu. Selanjutnya isi pendaftaran akun.

Dalam pengisian biodata, akan diminta Nomor Induk Kependudukan (NIK). Selanjutnya nama bapak atau ibu kandung.

Ketiga, diminta mengisi alamat email, nomor handphone, dan password. Selanjutnya tinggal klik ‘Daftar Sekarang’.

Keempat, Anda akan dikirim kode OTP yang terkirim via SMS ke nomor ponsel yang didaftarkan.

Setelah berhasil kembali ke website dan klik login atau masuk.

AYO BACA : Bingung Bantuan Subsidi Gaji Tak Kunjung Cair? Coba Cek Terus ke Kemnaker.go.id

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar