Ini Kendala Transfer Bantuan Subsidi Gaji Tahap 4 ke Himbara, BCA, Bank Jatim, dan Bank Swasta

  Sabtu, 26 September 2020   Adi Ginanjar Maulana
Bantuan subsidi gaji atau BSU tahap 4 cair.(Instagram Kemnaker)

AYOSURABAYA.COM--Perkembangan penyaluran bantuan subsidi gaji/bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) per 22 September 2020 sudah mencapai 8.822.208 atau 96,89% dari total 9 juta data penerima hingga tahap 3.

Adapun, bantuan subsidi gaji atau BSU tahap 4 masih dalam penyaluran ke 2,65 juta rekening penerima dari total 2,8 juta melalui HImbara, BCA, Bank Jatim, dan bank swasta.

Sementara sebanyak 150.000 dikembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi data.

"Penyaluran tahap pertama telah mencapai 2.484.429 data atau 99,38% dari 2,5 juta data yang diterima," kata Menteri Ketenagakerjaa (Menaker) Ida Fauziyah melalui siaran Youtube Kemnker, Sabtu (26/9/2020).

Selanjutnya, tahap 2 mencapai 2.980.913 data atau 99,36% dari 3 juta data yang diterima. Sedangkan tahap 3 mencapai 3.356.866 atau 95% dari 3,5 juta data yang diterima.

AYO BACA : JADWAL PENCAIRAN BLT TAHAP 4: Penyaluran Berjalan Lancar, tapi Kapan Sampai ke Rekening BCA

Ida mengaku hingga kini penyaluran bantuan subsidi gaji atau BSU ke calon peserta secara umum berjalan dengan baik. Adapun, persoalan calon peserta belum menerima bantuan subsidi gaji atau BSU antara lain akibat adanya duplikasi rekening, rekening pasif, rekening tidak valid, dan rekening tidak sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan rekening tidak terdaftar.

"Kami meminta BPJS Ketenagakerjaan agar berkomunkasi dengan stakeholder agar kendala bisa diminimalkan," ujarnya.  

Di samping itu, serikat pekerja dan pekerja agar terus proaktif dalam pengawasan penyaluran maupun melakukan komunikasi dengan perusahan.
"Ini agar penyaluran tepat sasaran," paparnya.

Menurutnya, bantuan subsidi gaji atau BSU sebagai salah satu upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19. "Agar subsidi ini hendaknya digunakan untuk membeli kebutuhan produk dalam negeri dan UMKM kita," paparnya.

Alur Pencairan BLT Tahap 4 ke BCA, Bank Jatim, dan Bank Swasta

AYO BACA : Ayo Simak Alur Pencairan Bantuan Subsidi Tahap 4 yang Disalurkan ke Himbara, BCA, dan Bank Swasta

Jika penyaluran BSU atau BLT tahap 4 berjalan lancar, lantas kapan transferan subsidi upah tahap 4 sampai ke pemilik rekening bank swasta?

Nah, bagi kalian yang memiliki rekening bank swasta termasuk BCA, CIMB Niaga, Danamon, harus menunggu proses kliring atarbank yang membutuhkan waktu tambahan.

Di beberapa kesempatan, akun Twitter @HaloBCA menjawab pertanyaan netizen yang mempertanyakan tak kunjung cairnya uang BSU atau BLT ke rekening mereka. Salah satunya :

“Kami informasikan kpd Bapak/Ibu Pelanggan pengkreditan BLT ke rekening BCA dilakukan oleh pihak Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara) bukan Bank BCA, BCA hanya sebagai penerima dana yang pasif. Untuk rekening-rekening BCA yang digunakan nasabah (1/3) ^Dyan,”

“dan terverifikasi oleh BPJS dan Kementerian Tenaga Kerja, melalui Himbara akan mengkreditkan dana BLT tersebut menggunakan jalur SKNBI/LLG Incoming dalam beberapa kali upload data, sehingga pengkreditan ke rekening BCA tidak terjadi secara bersamaan. (2/3) ^Dyan,”

“Jika Bapak/Ibu terverifikasi sebagai penerima dana BLT disarankan menunggu dan cek mutasi rekening secara berkala, atau silakan konfirmasi kepada pihak BPJS atau perusahaan. Tks (3/3) ^Dyan," Demikian penjelasan dari @HaloBCA pada Kamis 24 September 2020.

Adapun, untuk Bank Jatim masyarakat bisa menghubungi call center Info Bank Jatim 14044 untuk mengetahui kapan BSU tahap 4 cair.

AYO BACA : Bingung Bantuan Subsidi Gaji Tak Kunjung Cair? Coba Cek Terus ke Kemnaker.go.id

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar