Kuota Internet Gratis Tahap II Bulan Pertama Diberikan Hari Ini! Kamu Sudah Dapat?

  Senin, 28 September 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Kuota gratis (republika)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menerbitkan aturan pembagian kuota gratis bagi guru, dosen, mahasiswa, dan siswa.

Jika kamu melewatkan pembagian kuota gratis tahap I untuk bulan pertama, jangan khawatir. Pasalnya pemerintah masih akan memberikan kuota gratis tahap II pada bulan pertama yang akan dimulai pada hari ini, Senin (28/9/2020).

Penyaluran kuota data internet sendiri dilakukan selama 4 (empat) bulan dari September sampai dengan Desember 2020 dengan jadwal sebagai berikut:

A. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama:

1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.

AYO BACA : Persebaya Surabaya Tidak Pusing dengan Mundurnya Laga Melawan PSS Sleman

B. Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua:

1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.

C. Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan:

1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan anggaran untuk kuota internet ini adalah Rp7,2 triliun.

AYO BACA : Berdasarkan Riset, 9 Daerah di Jatim Terancam Diterjang Tsunami 20 Meter

"Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar Rp 8,9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa atau kuota data bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama 3-4 bulan ke depan (September-Desember 2020)," kata Nadiem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Kamis (27/8/2020).

Sementara sisa anggaran Rp 1,7 triliun akan dialokasikan Nadiem untuk tambahan penerima tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan, tunjangan profesi, dan tunjangan guru besar.

Nadiem menjelaskan, dana tersebut didapatkan dari dana cadangan pendidikan di APBN 2020 yang dicairkan Kementerian Keuangan untuk mengalokasi kebutuhan pendidikan selama pandemi.

Kuota tersebut diberinama kuota belajar yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Paket kuota internet untuk peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Sementara itu paket kuota internet untuk pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Paket kuota internet untuk mahasiswa dan dosen mendapatkan 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

 

AYO BACA : Informasi Layanan SIM Keliling Kota Surabaya, Simak Persyaratan dan Biayanya!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar