Subsidi Gaji Tahap 5 Harusnya Cair Sekarang, Bagaimana Jika Tak Kunjung Keterima?

  Rabu, 30 September 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Uang (Pixabay)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk pekerja atau bantuan subsidi gaji tahap 5 sangat dinanti-nanti. Pasalnya masih banyak pekerja yang sampai saat ini belum menerima subsidi gaji.

Namun jangan khawatir, berdasarkan informasi yang beredar, bantuan subsidi gaji akan cair pada akhir september atau hari ini (30/9/2020). Maka itu tunggu apa lagi, ayo cek rekening ATM kamu.

Tapi bagaimana jika BLT pekerja tahap 5 juga tak kunjung cair?

Kementerian Ketenagakerjaan menyampaikan kendala dalam pendistribusian BLT dikarenakan rekening tidak sesuai dengan NIK, rekening yang tidak aktif, rekening pasif, rekening tidak terdaftar atau rekening yang sudah dibekukan oleh Bank terkait.

Karyawan yang memiliki kendala dapat melaporkan langsung kepada Kementerian Ketenagakerjaan melalui website resmi kemnaker.go.id atau dapat diakses melalui bantuan.kemnaker.go.id.

Sebelumnya, karyawan dapat mendaftar lalu mengisi data diri seperti biodata, NIK, nama bapak atau ibu kandung, mengisi alamat email, nomor hp, dan kata sandi. Setelah itu akan mendapatkan kode OTP untuk verifikasi akun.

Setelah aktivasi akun, karyawan dapat login ke dalam website tersebut dan laman pengaduan untuk menyampaikan keluhan yang dihadapi mengenai pendistribusian BLT ini.

AYO BACA : Pejabat Dinas Pariwisata Sumenep Berzina dengan Seorang Bidan, Keduanya Dapat Hukuman Ini

Terus Bertanya BLT Kapan Cair?

Nampaknya beberapa netizen di jagat maya Twitter mengeluhkan belum masuknya saldo BLT tersebut ke rekening mereka. Kira-kira kenapa bisa begitu, ya?

“Pencairan BLT atau BSU atahap 4 melalui @BNISyariah kok belum pada cair yaa termasuk saya? Saya terima sms sudah dari 5 september dan langsung saya input rekening BNI Syariah atas nama saya sendiri sesuai KTP @BPJSTKinfo @KemnakerRI,” tulis akun @safnazh23.

“Minta tolong infonya ibu kemnaker @KemnakerRI, kenapa sampai saat ini saya belum dapat blt bsu, kmaren saya cek di web kemnaker dan disitu tertulis saya dapat yang tahap 4. Tapi tadi saya cek lagi. Ternyata berubah menjadi sedang diusulkan. Tolong penjelasannya bu?,” tulis akun @Sando96009585.

Nah, kalian perlu ketahui data pencairan BLT atau BSU tahap 4 saat ini tengah dalam proses penyaluran di Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Bagi kalian yang menunggu kepastian dana BLT ini kapan cair, harap bersabar.

Menaker Ida dalam beberapa waktu lalu, menyebut jika dana BLT yang besarannya ditransfer per dua bulan sebesar Rp1,2 juta ini masih dalam proses penyaluran. Pasalnya, jumlah rekening yang diterima cukup banyak, yakni 2,8 juta orang untuk tahap 4 ini.

“Dari 2,8 juta data penerima tahap 4, sebanyak 2,65 juta orang yang sudah lengkap datanya telah diproses pencairan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN),” ujar Ida dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/9/2020).

AYO BACA : COVID-19 KLASTER KELUARGA: Kebahagiaan Bisa Stimulus Imunitas untuk Hindari Corona

Kendati demikian, lanjut Ida, masih ada ribuan data rekening pekerja di penyaluran tahap 4 yang dipastikan belum bisa menerima transferan dana BLT Rp1,2 juta, lantaran datanya harus dikembalikan untuk diverifikasi ulang.

“Sisanya, sekitar 150 ribu kami kembalikan ke BPJamsostek untuk dilengkapi datanya,” kata Ida.

Lalu, bagaimana nasib pemilik rekening bank swasta seperti BCA? Kapan transferan dana BLT Rp1,2 juta tahap 4 sampai ke rekening? Tenang, bagi kalian pemilik rekening bank swasta selain BCA, yakni CIMB Niaga, Danamon, harus menunggu proses kliring antarbank yang membutuhkan waktu tambahan.

Menurut penelusuran, SKNBI adalah Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Sementara itu, kliring adalah pertukaran warkat atau data keuangan elektronik antar peserta kliring, baik atas naa peserta maupun atas nama nasabah peserta yang perhitungannya diselesaikan dalam waktu tertentu.

Sementara itu, LLG adalah Lalu Lintas Giro yang menggunakan fasilitas kliring untuk transfer antara satu bank dengan lainnya.

Di beberapa kesempatan, akun Twitter @HaloBCA menjawab pertanyaan netizen yang mempertanyakan tak kunjung cairnya uang BSU atau BLT ke rekening mereka. Salah satunya :

“Kami informasikan kpd Bapak/Ibu Pelanggan pengkreditan BLT ke rekening BCA dilakukan oleh pihak Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara) bukan Bank BCA, BCA hanya sebagai penerima dana yang pasif. Untuk rekening-rekening BCA yang digunakan nasabah (1/3) ^Dyan,”

“dan terverifikasi oleh BPJS dan Kementerian Tenaga Kerja, melalui Himbara akan mengkreditkan dana BLT tersebut menggunakan jalur SKNBI/LLG Incoming dalam beberapa kali upload data, sehingga pengkreditan ke rekening BCA tidak terjadi secara bersamaan. (2/3) ^Dyan,”

“Jika Bapak/Ibu terverifikasi sebagai penerima dana BLT disarankan menunggu dan cek mutasi rekening secara berkala, atau silakan konfirmasi kepada pihak BPJS atau perusahaan. Tks (3/3) ^Dyan,” Demikian penjelasan dari @HaloBCA, pada Kamis 24 September 2020.

AYO BACA : Cegah Covid-19 dengan Konsumsi Kunyit! Perhatikan Khasiat dan Cara Mengolahnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar