Besok, Planet Mars Terdekat dengan Bumi, Berbahayakah?

  Senin, 05 Oktober 2020   Adi Ginanjar Maulana
Planet Mars.(NASA)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM--Planet Mars menjadi imajinasi terbesar kita selama beberapa dekade karena potensi adanya air di bawah permukaan esnya. Sebentar lagi, Mars tidak hanya akan dekat dengan hati kita, tetapi juga paling dekat dengan planet kita yang sebenarnya.

Mars akan berada dengan jarak terdekat dengan bumi. Jaraknya hanya 62,1 juta kilometer jauhnya dari Bumi. Hari dimana kita akan menjadi yang paling dekat dengan Mars adalah 6 Oktober. Besok adaah momen terdekat dengan Bumi selama 15 tahun ke depan.

Para astronom menyarankan untuk melakukan pengamatan bintang karena Mars akan terlihat cerah, besar, dan mudah dilihat dengan atau tanpa teleskop.

Dilansir di Science Alert, Senin (5/10) kabar baiknya adalah, planet ini akan berada di wilayah langit malam dengan sangat sedikit bintang. Jika beruntung, Anda juga dapat melihat Jupiter dan Saturnus yang bersinar terang lebih dekat ke cakrawala.

Mars dan Bumi keduanya berada pada orbit yang sedikit elips, yang berarti mereka terkadang bisa sangat dekat satu sama lain. Pertemuan terdekat yang mungkin terjadi adalah ketika Bumi berada paling jauh dari Matahari (aphelion) dan Mars paling dekat dengan Matahari (perihelion). Pada titik ini jarak keduanya paling sedikit 54,6 juta kilometer.

Konfigurasi ini disebut oposisi, dan itu terjadi setiap dua tahun atau lebih. Pendekatan terdekat yang pernah dicatat terjadi pada tahun 2003, dengan hanya 55,7 juta kilometer yang memisahkan kita dengan Mars. Dua tahun lalu, 2018 juga cukup dekat, dengan hanya 57,6 juta kilometer.

Sayangnya, kita semakin tidak sejalan dengan tetangga terdekat kita dan tidak akan mulai semakin dekat lagi hingga tahun 2029. Bumi dan Mars kembali akan berada pada posisi sangat dekat pada tahun 2035, hanya berjarak 56,9 juta kilometer.

Di ujung lain skala dari oposisi adalah konjungsi, ketika dua planet berada pada jarak terjauh dari satu sama lain. Mereka bisa mencapai jarak 401 juta kilometer satu sama lain. Ini terjadi ketika Bumi dan Mars berada di sisi berlawanan dari Matahari dan keduanya berada di aphelion mereka.

Tahun ini adalah kesempatan puncak bagi banyak misi ke Planet Merah. ada misi dari Uni Emirat Arab, China dan Amerika yang diluncurkan menuju Mars.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar