Ayo Cek Rekening, BLT Tahap 5 Sudah Ditransfer ke Bank Mandiri, BRI, BTN, dan BNI

  Jumat, 09 Oktober 2020   Adi Ginanjar Maulana
BSU atau BLT Tahap 5 Sudah Cair.(IG Kemnaker)

AYOSURABAYA.COM--Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan bantuan subsidi gaji/upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) tahap 5 sudah cair.

Adapun, besaran BSU atau BLT sebesar Rp1,2 juta. Proses transfer akan terlebih dulu dilakukan ke Himbara (Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan Bank BTN). Selanjutnya, ditransfer ke Bank BCA, CIMB Niaga, Bank Danamon, bank pembangunan daerah (BPD) seperti Bank Jatim, dan bank swasta.

Akun Instagram Kemnaker sendiri sudah memastikan bila BSU atau BLT tahap 5 sudah cair. Dalam postingannya, Kemnaker menulis, "Halooo..Cek Rekeningmu Ya! Bantuan Subsidi Gaji/Upah Tahap V Sudah Cair."

“Besok (Rabu), (pencairan BLT atau BSU pekerja) batch 5 akan cair,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, saat Rabu 7 Oktober 2020.

Sebelumnya, Ida menjelaskan pencairan dana BLT pekerja formal yang bergaji di bawah Rp5 juta untuk tahap 1 mencapai 99,32%, lalu tahap 2 mencapai 99,32%, kemudian tahap 3 mencapai 99,32%, dan tahap 4 mencapai 95,32%.

Dia menegaskan penerima BLT atau BSU pekerja formal tidak hanya pekerja yang memiliki nomor rekening bank Himbara, tetapi juga pekerja yang memiliki nomor rekening luar bank Himbara, termasuk Bank BCA dan swasta lainnya.

“Tidak melihat atau mensyaratkan bank himbara sebagai bank penerima dari teman-teman penerima subsidi. Alhamdulillah, mudah-mudahan kami bisa menyelesaikan seluruh subsidi upah ini kepada penerima 12,4 juta penerima program (BLT),” ujarnya.

Berikut ini alur pencairan subsidi gaji pekerja dan buruh formal tahap 5 yang disarikan dari penjelasan Kemnaker:

AYO BACA : BANTUAN PESANTREN TAHAP 2: Hore, Sebanyak 88.278 Pesantren Siap Terima Duit!

Pertama: Perusahaan melalui bagian yang mengurus sumber daya manusia (SDM) mendata pekerja yang erdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, sekarang disebut BPJamsostek, dan memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan. Bagian SDM atau human resources development (HRD) mengumpulkan nomor rekening para calon penerima.

Kedua: HRD mengirimkan data nomor rekening para calon penerima BLT pekerja kepada BPJamsostek.
 
Ketiga: BPJS Ketenagakerjaan melakukan validasi terhadap rekening calon penerima BLT pekerja dalam tiga tahap.

Keempat: Setelah tiga tahapan validasi selesai, data nomor rekening calon penerima BLT untuk pekerja diserahkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Kelima: Sesuai dengan petunjuk teknis penyaluran BLT untuk pekerja, Kemnaker memiliki kesempatan sampai empat hari untuk melalukan check list.

Keenam: Selesai checklist, dana nomor rekening calon penerima BLT pekerja diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Ketujuh: KPPN menyalurkan BLT kepada bank penyalur yakni bank yang masuk menjadi anggota Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara).

Kedelapan: Bank Himbara lantas menyalurkan BSU ke rekening penerima secara langsung, baik itu rekening bank sesama bank Himbara, maupun rekening bank swasta termasuk BCA.

Dengan mengikuti alur tersebut, untuk calon penerima BLT atau BSU tahap 5 yang memiliki rekening bank swasta termasuk Bank BCA dipastikan membutuhkan waktu lebih panjang karena harus melalui transfer antarbank. 

AYO BACA : Cara Mengecek Informasi Persyaratan Ikut JPS Kemnaker

Penjelasan tentang hal itu berulang kali disampaikan oleh Bank BCA melalui akun Twitter resmi mereka @HaloBCA dalam berbagai kesempatan.

Jadi kamu yang merasa memenuhi kriteria, silakan mengecek rekening masing-masing termasuk bank BCA, mungkin pencairan BLT atau BSU tahap 5 sudah meluncur.

Cara Cek Penerimaan BLT Tahap 5

Kemnaker juga mengungkapkan bahwa pihaknya membuka layanan sistem ketenagakerjaan yang juga memuat tentang pencairan BLT atau BSU ini. Berikut cara bagi yang belum memiliki akun kemnaker.go.id :

Pertama, bagi yang belum memiliki akun, kalian dapat registrasi terlebih dahulu. Di menu 'Masuk' yang sebelumnya muncul, pilih 'Daftar Sekarang' di bagian paling bawah. Pada halaman yang muncul, pekerja akan diminta untuk melengkapi data yang berhubungan dengan biodata dan akun.

Kedua, pada bagian biodata, silahkan masukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan nama ibu kandung.

Ketiga, pada bagian akun, silakan masukkan data alamat email yang aktif, nomor handphone, dan password. Klik 'Daftar Sekarang' di bagian paling bawah.

Keempat, Jika setelah menekan tombol 'Daftar Sekarang' tidak ada kesalahan, proses pendaftaran atau registrasi telah selesai dan pekerja telah memiliki akun kemnaker.go.id

Kelima, setelah proses pendaftaran selesai, masuk kembali ke akun kemnaker.go.id dan lengkapi profil yang dibutuhkan. Setelah berhasil, kunjungi profil akun kemnaker.go.id dan akan ada pemberitahuan tentang status pekerja telah terdaftar untuk mendapatkan BLT atau BSU atau belum.

AYO BACA : PENERIMA KARTU PRAKERJA: Sebanyak 270.000 Orang Gagal Terima Insentif!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar