Bunga Sono Kembang Bermekaran di Waru

  Selasa, 13 Oktober 2020   Adi Ginanjar Maulana
Bunga Sono Kembang Bermekaran di Waru.(Yupiter Sulifan)

AYOSURABAYA.COM--Bagi netizen yang setiap hari melintasi jalan raya Brigjend Katamso Waru pasti tidak akan perhatian dengan tanaman yang satu ini. Ya, tanaman sonokembang yang tumbuh subur di pinggir sepanjang jalan raya antara Pabrik Paku hingga Kepuh Kiriman ini. Kenapa memang? Sejak hari Selasa (13/10) bunga sonokembang mulai bermekaran. 

Bunganya warna kuning dan baunya sangat harum semerbak. Praktis, orang disekitarnya atau pemakai jalan dibawahnya bisa menikmati semerbak harum bunga dari tanaman yang asli Indonesia ini. Guguran mahkota bunga yang berwarna kuning ini menghiasi trotoar jalan Brigjend Katamso laiknya permadani kuning menghampar indah. 

Rata-rata umur pohon sonokembang ini sudah puluhan tahun dan tingginya lebih dari 10 meter. Hal inilah yang menyebabkan banyak pengendara tidak perhatian dengan bunganya yang muncul diujung tangkai atau dahan pohon. Bila tidak perhatian, pasti akan terlewat pemandangan indah di depan mata.

Memang tidak se-viral bunga tabebuya yang sempat bermekaran di jalan-jalan protokol di Surabaya serta beberapa kota besar lainnya di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Pohon sonokembang atau di beberapa tempat juga disebut angsana adalah salah satu jenis pohon peneduh yang biasa digunakan pada proyek pengembangan hutan atau penghijauan kota.

Meski merupakan salah satu pohon asli Indonesia, angsana sering tidak dikenali keberadaannya. Hal tersebut dikarenakan angsana memiliki sebutan yang berbeda-beda di beberapa wilayah. 

Selain kita bisa menikmati keindahan dan keharuman bunganya, sonokembang ini ternyata memiliki banyak manfaat. Sama seperti pohon pada umumnya, pohon sonokembang juga menghasilkan kayu yang dapat dimanfaatkan bagi industri mebel maupun manfaat herbal di bidang kesehatan berkat kandungan senyawa kimia di dalamnya. Selain itu, bagian kayu, kulit batang, serat pohon, getah, dan bagian lain pohon juga memiliki banyak manfaat.

Setidaknya ada beberapa penyakit yang bisa memanfaatkan bagian tanaman ini seperti sariawan, 

luka bakar, melancarkan pencernaan, meredakan sakit gigi, mengurangi sakit pada peradangan, mengobati batu ginjal, mencegah penyakit pernapasan, diabetes, antioksidan serta melancarkan haid. 

Melihat manfaat tanaman sonokembang yang begitu banyak, sangat disayangkan banyak pohon sonokembang ditebang dengan dalih terlalu tinggi sangat rawan roboh bila ada angin kencang. Anda ingin menanam pohon sonokembang? Selain dengan biji, sonokembang ini juga bisa diperbanyak dengan cangkok dan stek batang. Sangat mudah memang, kalau ada tanaman asli Indonesia yang serba guna kaya manfaat ini, kenapa mesti harus mendatangkan tanaman dari negara lain hanya untuk hiasan pinggir jalan?

Yupiter Sulifan, Guru BK SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo dan ketua Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA Negeri / Swasta di Sidoarjo.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar