Jangan Ikuti TikTok Flossing Gigi Pakai Rambut

  Jumat, 16 Oktober 2020   Adi Ginanjar Maulana
Logo TikTok

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM--Video TikTok belakangan ini memperlihatkan pembersihan gigi dengan rambut atau disebut tren barmy menjadi viral. Namun, para ahli memperingatkan cara tersebut berpotensi membahayakan kesehatan gigi.

Dilansir laman The Sun, Jumat (16/10), flossing sebetulnya merupakan bagian penting dari kebersihan mulut dan harus dilakukan secara teratur. Akan tetapi, akan membahayakan jika orang memilih cara yang kurang tepat.

Dokter gigi dan pendiri RW Perio, Reena Wadia, mengingatkan, flossing gigi dengan rambut bisa memicu 'trauma' pada mulut. Membersihkan sela-sela gigi penting bagi semua orang, namun jangan salah kaprah.

“Tanpa flossing, Anda mungkin kehilangan hingga setengah dari kebersihan mulut Anda. Namun, sangat penting untuk menggunakan alat yang tepat untuk membersihkan sela-sela gigi," katanya.

Selain trauma, tidak menggunakan alat yang tepat dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki ke depannya. Hindari alat, seperti tali, garpu, kertas, maupun rambut.

Alat terbaik untuk digunakan adalah sikat interdental. Sikat ini telah dirancang khusus untuk membersihkan plak dan bakteri di sela-sela gigi.

"Benang gigi juga bagus, tapi saya hanya akan menggunakan benang gigi jika sikat interdental tidak pas," tambahnya.

Tren barmy ini tampaknya menjadi pilihan banyak orang. Salah satu akun TikTok yang mengunggah cara flossing dengan rambut menuliskan, "Saat Anda berada di klub dan tidak memiliki benang gigi, gunakan saja rambut Anda."

Dalam klip itu, perempuan tersebut justru membuat gusinya berdarah, tetapi terus melanjutkan flossing untuk mengeluarkan kotoran bekas menggigit daging ayam dari giginya.

Sementara pengguna TikTok lainnya berkata: "Trik rambut ini luar biasa.".

Pengikut tren barmy lainnya, menanggapi, "Sejujurnya saya mengira saya satu-satunya yang melakukan ini".

Akun lainnya juga menulis: "Saya juga melakukan trik ini".

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar