Warga Bali Tertipu Masker Pesanan Kedubes Tiongkok Rp667 Juta

  Minggu, 18 Oktober 2020   Adi Ginanjar Maulana
Korban I Gusti Ayu Lia Maheswari mengadu ke Polresta Batu, Jawa Timur (Foto: Aziz Ramdani)

BALI, AYOSURABAYA.COM--Warga asal Badung, Bali, I Gusti Ayu Lia Maheswari jadi korban penipuan jual beli masker Rp 667 juta. Pelakunya diketahui pasutri berinisial DB dan TAS warga Kota Batu Jawa Timur.

Diceritakannya, bermula saat membutuhkan 1,2 juta masker permintaan Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, Februari 2020 lalu, I Gusti Ayu lantas dikenalkan kepada inisial DB dan TAS oleh temannya yang mengaku sebagai produsen masker.

Kerjasama dilakukan langsung dengan mendatangi kantor pelaku di Kota Batu yang belakang ini diketahui ternyata hanya rumah sewaan.

"Saya percaya karena langsung mendatangi kantornya. Makanya setelah itu saya transfer ke mereka pada 9 Februari lalu,” katanya ditemui awak media di Mapolresta Batu, Sabtu (17/10/2020).

Pelaku, lanjut dia, menjanjikan barang yang dibutuhkan dikirim keesokan harinya atau pada 10 Februari 2020. Namun berdalih ada kendala, kedatangan barang diundur pada 7 Maret.

Muncul kecurigaan saat masker yang dijanjikan tak kunjung datang tanpa alasan jelas. Bahkan komunikasi dengan pelaku putus tanpa ada konfirmasi. Pihaknya pun melaporkan secara resmi kedua pelaku ke Mapolres Batu, 1 Oktober lalu.

"Tetapi setelah ditunggu masker tidak ada kejelasan dan komunikasi terputus. Mereka menghilang," ujarnya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Jeifson Sitorus mengatakan kasus tersebut masih dalam proses penyidikan.

Kekinian, pihaknya telah menetapkan tersangka inisial DB (istri inisial TAS). Namun, karena hasil swab test atau tes usap menunjukkan positif Covid-19, inisial DB tidak ditahan.

"DB menjalani isolasi mandiri dengan penjagaan ketat dari instansi terkait," ujarnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar