73% Peserta Kartu Prakerja Belum Pernah Pelatihan, Simak Syarat Pencairan Survei Rp50 Ribu!

  Minggu, 18 Oktober 2020   Aini Tartinia
Kartu Prakerja

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM--Program Kartu Prakerja telah memenuhi target sebanyak 5,6 juta peserta yang disalurkan sejak gelombang 1 hingga gelombang 10. Banyak anggapan publik yang membicarakan tentang efektivitas pelatihan dari program tersebut.

Head of Communications manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengatakan walaupun Kartu Prakerja pada tahun pertamanya bergeser menjadi program semi bansos, tetapi unsur pelatihan tetap dipertahankan oleh pengelola dan menjadi prasyarakat untuk mendapatkan bantuan sosial.

Pasalnya, dari data survey evaluasi dengan 1,2 juta responden penerima Kartu Prakerja, terungkap sekitar 73% responden belum pernah mendapatkan dan mengikuti pelatihan atau kursus.

“Sehingga, para peserta tersebut merasa antusias untuk mengikuti pelatihan uang diberikan mencakup tiga aspek yakni skilling, reskilling, dan upskilling” kata Louisa kepada Ayojakarta.com (Grup Ayosurabaya.com), Minggu (18/10/2020).

Tak hanya itu, terungkap juga dari hasil survei bahwa sebelum mengikuti program Kartu Prakerja, sekitar 13% responden tidak memiliki rekening bank maupun e-wallet. Namun, saat ini 5,6 juta peserta penerima kartu Prakerja sudah mengambil pelatihan secara daring atau online dan telah memiliki rekening bank atau e-wallet.

“Jadi, program Kartu Prakerja ini mendukung life long learning dan inklusi keuangan,” ujar Louisa.

Syarat pencairan insentif survei pelatihan

Penerima Kartu Prakerja mempunyai berbagai tugas dan kewajiban jika ingin cepat mencairkan insentif. Selain harus membeli dan mengikuti pelatihan, penerima Kartu Prakerja juga harus mengisi survei evaluasi Kartu Prakerja.

Nantinya, penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif dari hasil mengisi survei sebesar Rp150 ribu. Namun, jumlah tersebut tidak akan langsung diberikan, melainkan melalui periode waktu sebanyak 3 kali per bulannya atau Rp50 ribu per bulan.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para penerima Kartu Prakerja, jika ingin cepat mencairkan insentif survei mereka. Berikut persyaratannya :

1. Sudah menyelesaikan minimal 1 pelatihan 
2. Sudah memberikan ulasan dan rating pada pelatihan pertama
3. Sudah muncul minimal satu sertifikat pelatihan di dashboard
4. Sudah menerima insentif bulanan pertama (Rp600 ribu) setelah menyelesaikan pelatihan pertama.

Jika persyaratan di atas telah terpenuhi, nantinya survei akan muncul 30 hari pasca-pencairan insentif tahap pertama di masing-masing dashboard peserta.

Berikut Ayojakarta.com rangkum tata cara mengisi survey Kartu Prakerja :

• Masuk ke dashboard prakerja.go.id dengan memasukkan email dan kata sandi
• Setelah masuk, jika waktunya sudah 30 hari atau sudah ditentukan oleh pihak Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, maka secara otomatis survei tersebut akan muncul di laman awal dashboard peserta
• Isi setiap pertanyaan yang ada dalam survei tersebut hingga selesai
• Jawab pertanyaan pada survei tersebut secara jujur
• Jika sudah selesai mengisi survei, klik bagian 'insentif' untuk mengetahui bahwa dana sebesar Rp50 ribu akan segera diproses dengan tanggal yang sudah ditentukan oleh pihak Manajemen Pelaksana
• Tunggu pencairan insentif sesuai dengan jadwal yang tertera

Sama dengan insentif bulanan, insentif survei juga akan ditransfer melalui rekening bank atau e-wallet yang sudah didaftarkan pada dashboard. Terdapat batas waktu untuk melakukan pengisian survei yaitu 30 hari setelah adanya pemberitahuan di akun dashboard peserta.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar