Pemerintah Yakinkan Piala Dunia U-20 Aman Corona, Jadi Digelar di Surabaya

  Selasa, 20 Oktober 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Stadion Bung Karno (Republika.co.id)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya memastikan keamanan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Pemerintah akan memastikan keamanan dan mempersiapkan protokol kesehatan secara ketat selama penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Dilansir dari Republika.co.id, Jokowi menyampaikan hal itu saat membuka rapat terbatas (ratas) perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020).

“Yang paling penting kami harus meyakinkan bahwa Indonesia telah mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Jokowi.

Dengan demikian, penyelenggaraan turnamen internasional di enam kota di Indonesia itu nantinya akan berlangsung aman bagi para wisatawan.

“Sehingga sangat aman untuk dikunjungi dan dijadikan tempat untuk penyelenggaraan U-20 2021,” kata Jokowi.

AYO BACA : Alhamdulilah, 49 Kelurahan di Surabaya Masuk Zona Hijau Covid-19

Selain itu, dalam ratas ini, Presiden juga meminta laporan kesiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di enam kota. Pertandingan yang akan berlangsung pada Mei dan Juni 2021 itu nantinya akan diselenggarakan di DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan juga Bali.

“Saya juga ingin mendapatkan laporan dari PSSI mengenai kesiapan timnas yang akan berlaga dalam Piala Dunia U-20,” tegas Jokowi.

Stadion U-19 di Surabaya

Surabaya tengah menyiapkan lima lapangan latihan berstandar FIFA untuk Piala Dunia U-20 2021. Demikian kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Setelah menemui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Risma mengatakan 3 dari lima lapangan itu berstatus baru dibangun.

\"Ada tiga yang baru kami buat dan sudah melalui pengerukan, tinggal membenahi fisiknya. Itu di sekitar stadion utama Piala Dunia U-20 (Stadion Gelora Bung Tomo). Lalu dua lagi yaitu Stadion Gelora 10 November dan lapangan di dekatnya,\" ujar Risma, seperti dilansir dari Antara dan Republika, Kamis (6/8/2020).

AYO BACA : Info Terbaru Pembukaan Prakerja Gelombang 11, Simak Caranya

Untuk dua lapangan yang disebutkannya terakhir, Risma menargetkan perbaikannya rampung pada September 2020. Nantinya, kedua lapangan dilengkapi dengan lampu berdaya pancar 1.200 lux. Kemudian, Pemkot Surabaya juga membenahi rumput, tribun, ruang ganti dan pagar penutup. Hal serupa juga akan diterapkan di tiga lapangan baru yang ada di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo.

\"Sebenarnya kami ingin semua selesai pada November 2020. Namun karena pandemi COVID-19, prosesnya jadi agak tertunda karena keuangan kami arahkan ke kesehatan. Akan tetapi, saya memastikan semua standar akan kami penuhi,\" tutur Risma.

Tri Rismaharini pun menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), untuk menentukan lapangan latihan mana yang dipakai sebagai pendukung stadion utama Piala Dunia U-20 di Surabaya yaitu Stadion Gelora Bung Tomo.

Yang jelas, kata Risma, lapangan-lapangan itu nantinya tidak hanya dimanfaatkan untuk Piala Dunia U-20. Tetapi juga bisa digunakan untuk acara-acara berikutnya. Selain itu, dapat pula dipakai oleh masyarakat Surabaya.

Menpora Zainudin Amali menyambut baik persiapan Surabaya untuk menggelar Piala Dunia U-20 tahun 2021 dan mengapresiasi semua persiapan terkait lapangan latihan. Namun, Menpora menegaskan bahwa akan ada satu lapangan latihan yang berada di luar Surabaya, yaitu di Bangkalan, Pulau Madura.

\"Semuanya ditempatkan di Surabaya, satunya ada di Bangkalan,\" ujar Zainudin Amali.

AYO BACA : Risma Siapkan Lapangan Standar FIFA untuk Piala Dunia U-20

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar