Pengaturan Jam Makan Terbaik saat Diet

  Selasa, 20 Oktober 2020   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi makan saat diet.(Pixabay)

AYOSURABAYA.COM -- Jam makan memang menjadi penting bagi kesehatan orang, terlebih asupan yang baik sangat menentukan tingkat kekebalan tubuh.

Waktu sarapan, makan siang, dan makan malam saat diet adalah hal penting selain menu makanan dalam program menurunkan berat badan.

Umumnya, saat diet, orang akan memulai dari mengganti menu makanan yang biasa dikonsumsi tiap hari, misalnya dengan baralih ke makanan yang lebih sehat, seperti buah dan sayur.

Namun, di samping mengganti atau mengurangi asupan makanan, waktu makan juga penting dan berpengaruh terhadap program penurunkan berat badan.

Dilansir The Times of India, berikut pengaturan waktu makan terbaik yang membantu Anda diet sehat.

1. Sarapan

Untuk membantu menurunkan berat badan, konsumsilah sarapan tinggi protein antara pukul 06.00-10.00 pagi agar mengurangi risiko penumpukan lemak dan membuat Anda tidak mudah merasa lapar.

Ahli gizi, Niti Desai, juga merekomendasikan Anda sarapan pagi-pagi sekali. Menurut National Weight Control Registry, sekira 80% orang yang makan pada jam-jam tersebut mampu menurunkan berat badan 16 kg lebih banyak dibanding yang lain.

2. Camilan pagi

Camilan pertengahan pagi tidak mutlak diperlukan, tetapi hanya jika Anda merasa lapar. Tubuh kita membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencerna dan menyerap makanan. Disarakan menikmati camilan pagi 2-4 jam setelah sarapan.

Aturan waktu tersebut membuat Anda kenyang dalam jangka lebih lama dan menjaga energi hingga sore hari.

3. Makan Siang

Anda harus mencoba makan siang sebelum pukul 15.00. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti memeriksa 300 orang yang menjalani program menurunkan berat badan dan ditemukan bahwa orang yang makan siang sebelumnya mampu mengurangi lebih banyak berat badannya.

4. Camilan siang

Sama seperti camilan pada pagi, Anda harus makan camilan sore 2-4 jam setelah makan siang. Ngemil di antara waktu itu mencegah Anda makan berlebihan.

Makan dalam porsi kecil menjadi pilihan yang baik dan jangan ngemil dengan jeda waktu yang lama antara makan sebelumnya karena akan membuat Anda makan berlebihan.

Cobalah untuk mengonsumsi kacang, buah, smoothie untuk camilan. Meningkatkan asupkan buah dan sayur juga mempercepat proses penurunan berat badan.

5. Makan malam

Disarankan untuk makan malam sebelum pukul 19.00. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh Brigham Young University, peneliti meminta 29 pria untuk tidak makan apapun setelah pukul 19.00 selama beberapa minggu dan mereka kemudian diminta makan apapun yang mereka inginkan selama 2 minggu lagi.

Ditemukan bahwa orang-orang yang makan pada pukul 07.00 malam memiliki 244 kalori lebih sedikit, yang pada akhirnya membantu mengurangi berat badan.

-----------------------------------------
Artikel ini sudah Terbit di AyoSemarang.com, dengan Judul Pengaturan Jam Makan Terbaik saat Diet

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar